Sukses


    Laporan dari Piala Dunia 2022: Ngobrol dengan Pemain Berdarah Indonesia di Liga Qatar..Kagum dengan Egy, Witan, dan Elkan

    Laporan Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar.

    Negara tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar dihuni banyak ekspatriat. Indonesia jadi satu di antara negara penyumbang ekspatriat yang cukup banyak di Qatar.

    Alhasil, selama meliput Piala Dunia 2022, Bola.com sangat sering bertemu Warga Negara Indonesia atau orang asal Indonesia yang sudah menjadi warga Qatar. Bahkan kami turut menemukan, beberapa pemain sepak bola berdarah Indonesia sukses menembus Liga Qatar.

    Satu di antaranya Mohammad Ali Rahman Jamin. Pemain Al Gharafa ini lahir di Qatar pada 3 Februari 2000 dan sudah mencicipi persaingan kasta tertinggi, Qatar Stars League.

    Meskipun sejak lahir tinggal di Qatar, Ali Rahman ternyata masih sedikit mengikuti perkembangan Timnas Indonesia.

    2 dari 6 halaman

    3 Pemain Timnas Indonesia

    Dia bahkan menyebut tiga nama pemain Timnas Indonesia yang menurutnya punya kemampuan menonjol.

    "Saya tidak terlalu mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Tapi saya tahu Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott adalah pemain bagus," kata Ali Rahman saat diwawancara Bola.com.

    "Ketiganya pemain berkelas dan saya tahu mereka ditempa kompetisi level tinggi di Eropa," lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

    Ali Rahman full berdarah Indonesia. Kedua orang tuanya berasal dari Sumatra. Tapi, mereka sudah tinggal di Qatar sejak 1998 dan sudah berpaspor Qatar. Ali Rahman pun bercakap dengan bahasa Inggris.

    3 dari 6 halaman

    Buka Kans Perkuat Timnas Indonesia

    Berbicara Skuad Garuda, Ali Rahman, juga membuka diri jika suatu saat nanti ada panggilan dari Timnas Indonesia.

    "Kenapa tidak? Namun sampai sekarang belum ada komunikasi tentang pemanggilan saya ke Timnas Indonesia," kata Ali Rahman.

    Ali Syahrian Tampo pun membuka diri bisa dilatih oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Apalagi juru taktik asal Korea Selatan itu punya karier cemerlang sebagai pelatih.

    "Saya sangat terbuka untuk merasakan pengalaman dan belajar hal baru. Jadi ya, saya tentu ingin merasakan dilatih coach Shin," ucap pemain berusia 22 tahun itu.

     

    4 dari 6 halaman

    Lanjutkan Karier di Liga Qatar

    Ali Rahman lahir di Qatar dan melalui semua karier sepak bola di negara tuan rumah Piala Dunia 2022 itu.

    Alhasil meski membuka diri mentas bersama Timnas Indonesia, Ali Rahman tidak punya harapan mentas di Liga 1 suatu saat nanti.

    Dia ingin fokus kepada kariernya di Liga Qatar. "Pertama-tama respek untuk Liga Indonesia. Saya tahu, atmosfer kompetisi di Indonesia sangat baik," ujar Ali Rahman.

    "Tapi saya lahir dan besar di Doha. Saya suka tinggal di sini. Namun saya sangat terbuka jika Timnas Indonesia memanggil," lanjutnya.

     

    5 dari 6 halaman

    Tim Papan Atas

    Al Gharafa salah satu tim papan atas di Qatar Stars League. Musim lalu, tim menempati posisi lima klasemen.

    Sekarang saat Liga Qatar jeda lantaran Piala Dunia 2022, Al Gharafa sedang menempati posisi empat klasemen.

    6 dari 6 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer