Sukses


    Walid Reragui Setelah Maroko Cetak Sejarah di Piala Dunia 2022: Kami Rasa Jerman, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia..

    Bola.com, Al Rayyan - Pelatih Timnas Maroko, Walid Reragui, menyebut kesuksesan mereka lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 berkat kerja keras pemain dan ilmu dari tempat kelahiran anggota skuad, yang didominasi Eropa.

    Pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim Singa Atlas memulangkan Matador lewat adu penalti 3-0 (0-0) di Educational City Stadium, Selasa (6/12/2022).

    Reragui menyerukan nasionalisme skuadnya yang didominasi pemain kelahiran luar Maroko. Dalam skuad Maroko, ada 14 pemain yang lahir di luar negeri, termasuk Achraf Hakimi. Bek PSG itu lahir di Madrid, Spanyol.

    “Untuk ini saya telah berjuang,” katanya. “Sebelum Piala Dunia kami memiliki banyak masalah tentang orang-orang yang lahir di Eropa dan orang-orang yang tidak lahir di Maroko dan banyak wartawan berkata, 'Mengapa kita tidak bermain dengan orang-orang yang lahir di Maroko?'"

    Reragui juga kelahiran Prancis. Tapi, jangan tanyakan nasionalisme kepadanya.

    “Hari ini kami telah menunjukkan bahwa setiap orang Maroko adalah orang Maroko. Ketika dia datang ke tim nasional dan ingin bertarung. Sebagai pelatih, saya lahir di Prancis dan tidak ada yang bisa meragukan nasionalisme saya," lanjutnya.

    2 dari 5 halaman

    Jadi Kekuatan

    Tak ada keraguan di timnas Maroko soal kecintaan terhadap Tanah Air. Mereka membuktikannya dengan berjuang habis-habisan di Piala Dunia 2022. Itulah yang membuat Reragui bangga. 

    “Ini yang saya katakan kepada para pemain. Setiap kali mereka datang ke tim nasional, mereka memberikan 100 persen," tegasnya.

    Reragui menambahkan, dengan banyaknya pemain diaspora, Maroko menjadi skuad yang tangguh.

    “Yang bagus adalah para pemain lahir di Jerman, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia – setiap negara memiliki budaya sepak bola dan kami telah menciptakan campuran dan saya sangat senang dengan itu," katanya.

     

    3 dari 5 halaman

    Cetak Sejarah

    Kemenangan itu membuat Reragui menjadi pelatih Afrika pertama yang memimpin tim ke perempat final Piala Dunia. Namun, pelatih berusia 47 tahun itu mengatakan dia tidak tertarik dengan hal-hal seperti itu.

    “Saya tidak peduli karena saya berjuang membuatnya bukan tentang kewarganegaraan, membuatnya bukan tentang paspor,” katanya.

    “Anda memiliki kompetensi, bisa melakukannya atau tidak. Bagi saya ini bukan tentang menjadi orang Arab atau Afrika," katanya.

    “Saya seorang pelatih yang ambisius dan mencoba memberikan ini kepada para pemain. Mungkin ketika saya sudah tua, saya akan melihat ke belakang dan bangga.”

    4 dari 5 halaman

    Selebrasi di Ruang Ganti

     

    Skuad Maroko merayakan kemenangan mereka atas Spanyol. FIFA merilis video selebrasi Maroko di ruang ganti. Para pemain dan pelatihnya, Walid Regragui, bernyanyi dan menari bersama.

    Pemain mengelu-elukan sang pelatih, mereka tersenyum puas setelah mencetak sejarah, untuk pertama kali lolos ke fase delapan besar.

    Walid Regragui menyalami pemainnya satu per satu. Ada momen manis, Achraf Hakimi tengah duduk dan memangku anaknya. Sang pelatih pun langsung menghampiri dan memeluk bek PSG itu.

    Sumber: Daily Star, FIFA

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer