Sukses


    Ulasan Luciano Leandro Soal Kroasia Vs Brasil di Perempat Final Piala Dunia 2022: Neymar Bikin Tim Samba Mengerikan!

    Bola.com, Yogyakarta - Piala Dunia 2022 telah mencapai babak 8 besar atau perempat final. Duel antara Timnas Kroasia dan Brasil akan jadi laga pertama di fase ini.

    Pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 ini bakal tersaji di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, pada Jumat (9/12/2022) pukul 22:00 WIB, disiarkan langsung oleh SCTV dan Vidio.

    Kedua kesebelasan ini melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah sama-sama menyingkirkan wakil Asia di babak 16 besar. Kroasia memulangkan Jepang via adu penalti 3-1, setelah bermain imbang 1-1 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Senin (5/12/2022) malam.

    Sementara Brasil melenggang ke perempat final setelah membekuk Korea Selatan. Bertanding di Stadion Al Thumama, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB, Selecao tampil meyakinkan dengan melumat Taeguk Warriors dengan skor 4-1.

     

    2 dari 7 halaman

    Waspada, Kroasia!

    Sementara di atas kertas, Brasil diunggulkan dalam laga kali ini. Tim Samba datang ke Qatar dengan modal kedalaman skuad mumpuni. Mereka memiliki pemain berkualitas di semua sektor, semacam Neymar, Vinicius Junior, Dani Alves, hingga Rodrygo Goes.

    Keyakinan terhadap skuad Brasil dilontarkan mantan pemain Persija Jakarta, Luciano Leandro.

    Mantan pesepak bola yang karib disapa Luci itu berujar comeback bintang Brasil, Neymar, pasca-cedera membuat Tim Samba makin mengerikan. Sehingga jika ingin lolos ke babak semifinal, Luka Modric dkk wajib waspada dan bekerja ekstra keras.

    "Kroasia tentu akan berusaha memberi kejutan baru di ajang tahun ini, apalagi di Piala Dunia 2018 mereka menjadi runner-up. Namun, saya rasa kekuatan Brasil bisa mengatasi perlawanan Kroasia," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com, Kamis (8/12/2022) pagi.

    "Selain komposisi pemain, Brasil di Piala Dunia tahun ini tampil luar biasa. Bisa kita lihat di sepanjang babak penyisihan sampai babak 16 besar kemarin, itu bisa jadi warning untuk lawan. Meski saya tahu Kroasia juga punya pemain bagus seperti Luka Modric," lanjutnya.

     

    3 dari 7 halaman

    Brasil Lebih Diunggulkan

    Selain itu, Luciano Leandro menganggap Brasil cukup diuntungkan karena bisa menang cukup mudah dalam laga terakhir melawan Korea Selatan. Sebaliknya, Kroasia harus bersusah payah untuk menyegel satu tiket perempat final Piala Dunia 2022.

    "Timnas Brasil akan menghadapi finalis Piala Dunia 2018, sebuah pertandingan di mana Brasil datang dengan tidak terlalu lelah setelah menang atas Korea Selatan," ujar Luciano Leandro.

    "Tidak seperti Kroasia yang menjalani pertandingan yang sangat melelahkan melawan Jepang sampai adu penalti," lanjut mantan pemain Persija Jakarta itu.

     

    4 dari 7 halaman

    Brasil Unggul Head to Head

    Pertandingan ini akan menjadi sebuah pertemuan kelima bagi kedua kesebelasan di pentas internasional. Selecao tidak pernah kalah dalam empat pertemuan sebelumnya.

    Dua dari kemenangan itu terjadi di fase grup Piala Dunia.

    Pertama pada edisi Piala Dunia 2006, Brasil menang dengan skor 1-0. Kemudian di Piala Dunia 2014 unggul 3-1. Adapun pemenang pertandingan nanti akan berhadapan dengan pemenang pertandingan antara Belanda dan Argentina.

    5 dari 7 halaman

    Brasil Menakutkan, Kroasia Kreatif

     

    Luciano Leandro menyebut Brasil memiliki skuad yang menakutkan. Sepanjang Piala Dunia 2022 sejauh ini, Brasil jadi satu di antara tim tersubur. Mereka menorehkan tujuh gol dari empat laga dan hanya sekali kebobolan.

    "Brasil adalah favorit dan sangat percaya diri untuk menang, Brasil kuat, penguasaan bola bagus, dalam transisi sangat efisien dan cepat," katanya.

    "Mereka tim yang dapat mengamankan bola dengan cepat setelah kehilangan, mereka memiliki keunggulan. Tim kompak saat menyerang, punya kecepatan dan kreativitas," sambung Luciano Leandro.

    Lantas, bagaimana dengan Kroasia?

    "Kalau Kroasia adalah tim yang sangat reaktif, memiliki sistem pertahanan yang sangat kuat yang mengeksploitasi serangan balik dengan kecepatan. Namun, saya percaya pada kemenangan Brasil 3-1," tutur mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

     

    6 dari 7 halaman

    Tanpa Gabriel Jesus dan Alex Sandro

    Kekuatan Tim Samba akan sedikit terkikis pada pertandingan nanti. Sebab Brasil dipastikan kehilangan penyerang mereka Gabriel Jesus karena cedera lutut. Pemain Arsenal itu harus absen di sisa Piala Dunia 2022 dan diperkirakan menepi selama tiga bulan.

    Satu pemain lainnya, yakni Alex Sandro yang sudah melewatkan pertandingan melawan Kamerun dan Korea Selatan, sepertinya belum bisa diturunkan pada laga ini. Sebelumnya Alex mengalami cedera pinggul.

    7 dari 7 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer