Sukses


    Ulasan Luciano Leandro: Portugal Lebih Unggul, Maroko Bisa Bikin Kejutan Lagi di Perempat Final Piala Dunia 2022

    Bola.com, Yogyakarta - Perempat final Piala Dunia 2022 menghadirkan empat duel menarik yang sangat dinantikan pecinta sepak bola di seluruh belahan dunia. Satu di antaranya pertemuan Portugal melawan tim kuda hitam, Maroko, di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022).

    Maroko berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah tampil gemilang sejak fase grup dan 16 besar. Singa Atlas lolos sebagai juara grup dan menyingkirkan Spanyol lewat kemenangan 3-0 dalam drama adu penalti di Education City Stadium, Selasa (6/12/2022).

    Perjalanan di Piala Dunia 2022 ini merupakan pencapaian terbaik Maroko di pentas Piala Dunia. Untuk kali pertama mereka sukses melaju ke perempat final. Sebelumnya prestasi tertinggi mereka adalah lolos 16 besar di Piala Dunia 1986.

    Sementara itu, Portugal melenggang ke perempat final setelah menjungkalkan Swiss dengan skor telak 6-1 di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Penyerang muda Portugal, Goncalo Ramos, berhasil mencetak hattrick dalam laga tersebut.

    Maroko tentu tak ingin sekadar numpang lewat di perempat final Piala Dunia 2022 ini. Tim besutan WAlid Regragui itu bertekad untuk melanjutkan mimpi besar mereka di ajang empat tahunan tersebut.

    Legenda hidup PSM Makassar, Luciano Leandro, memprediksi The Atlas Lions bakal tampil ngotot demi tiket semifinal Piala Dunia 2022.

    2 dari 6 halaman

    Maroko Bisa Bikin Kejutan Lagi

     

    Luciano Leandro mengatakan Maroko menjelma menjadi tim kuda hitam di perhelatan Piala Dunia 2022. Mereka tampil memukau di sepanjang fase grup.

    Achraf Hakimi dkk. sukses menahan imbang Kroasia tanpa gol, kemudian mengandaskan Belgia 2-0, lalu mengalahkan Kanada dengan skor 2-1 pada matchday terakhir.

    "Maroko membuat kejutan besar di Piala Dunia tahun ini, mereka bermain sepak bola, di mana penguasaan bola bukan prioritas. Mereka bertahan di garis rendah, tim yang hanya kebobolan satu gol di ajang ini. Saat lawan Spanyol mereka menunjukkan daya juang yang luar biasa," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com, Kamis (8/12/2022) pagi.

    "Ini menunjukkan kerja hebat mereka di bagian pertahanan, mereka mengeksploitasi transisi ofensif dengan sangat cepat dan mereka kembali dengan cepat setelah kehilangan penguasaan bola," sambungnya.

    Pertemuan kedua tim sebetulnya terbilang sangat jarang di pentas Piala Dunia. Maroko dan Portugal hanya pernah bertemu dua kali di fase grup Piala Dunia.

    Pertama pada 1986 yang dimenangkan Maroko dengan skor 3-1. Terakhir di Rusia 2018, giliran Portugal menang 1-0 via gol tunggal Cristiano Ronaldo.

     

    3 dari 6 halaman

    Portugal Unggul Tipis

    Kemudian Luciano Leandro meyakini Portugal akan lebih mendominasi dan menghadirkan lebih banyak ancaman dalam duel di perempat final Piala Dunia 2022.

    Dia menyebut tim besutan Fernando Santos itu akan memperlihatkan permainan cepat serta transisi menyerang ke bertahan yang sama baiknya.

    Soal hasil, pelatih kelahiran Rio de Janeiro itu memprediksi Portugal akan keluar sebagai pemenang dan menyegel satu tiket ke semifinal.

    "Saya percaya dengan kemenangan 2-1 untuk Portugal. Mereka merupakan tim yang suka menguasai bola, tim yang meningkatkan permainan dengan umpan cepat, membuat serangan, dan ketika kehilangan bola mereka segera memulai transisi pertahanannya, membuat tekanan langsung untuk kembali menguasai bola," katanya.

     

    4 dari 6 halaman

    Portugal Lebih Ofensif dan Kreatif

    Pelatih berusia 56 tahun itu menilai Portugal bermain dengan gaya ofensif dan kreatif di gelaran Piala Dunia 2022. Mereka juga jadi tim yang cukup subur dalam urusan membobol gawang lawan dengan 12 gol sejauh ini.

    "Portugal menampilkan tim yang ofensif dan kreatif, dengan dinamika yang sangat besar di lini tengahnya. Pepe bahkan dengan usianya yang sudah lanjut menunjukkan bahwa dia masih sangat berbahaya dalam bola mati ofensif," ucap Luci.

    "Cukup untuk mengetahui apakah Fernando Santos akan mempertahankan tim yang sama melawan Maroko atau akan memulai kembali pemain bintang besarnya Cristiano Ronaldo," tambahnya.

     

    5 dari 6 halaman

    Pemain Muda Bisa Jadi Pembeda

    Kala menghajar Swiss dengan skor 6-1, kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, mengawali laga dari bangku cadangan. Eks penyerang Real Madrid itu baru masuk menggantikan Joao Felix pada menit ke-73 ketika Portugal sudah unggul 5-1.

    Nah, di laga nanti Luciano Leandro melihat kans pemain muda untuk kembali menjadi starter pun sangat terbuka lebar.

    "Pelatih Portugal Fernando Santos sangat berani memilih Goncalo Ramos sebagai pengganti idola hebat Cristiano Ronaldo. Selain itu meninggalkan pemain seperti Joao Cancelo, Ruben Neves di bangku cadangan dan memilih pemain muda seperti Raphael Guerreiro dan Otavio yang melakukannya dengan sangat baik," pungkasnya.

    6 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer