Sukses


    Piala Dunia 2022: Belanda Angkat Koper, Louis van Gaal Tetap Bangga

    Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda harus mengakhiri perjalanan di Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Argentina lewat drama adu penalti, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Bermain imbang 2-2 dalam waktu normal, Belanda akhirnya kalah 3-4 dalam babak tos-tosan.

    Louis van Gaal malah menyebut Belanda telah mengerahkan semua upaya untuk memenangkan pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 itu.

    Buktinya adalah mereka mampu bangkit dan menyamakan kedudukan setelah lebih dulu tertinggal 0-2 dari Argentina.

    Strategi memasukkan Wout Weghortst berjalan efektif, di mana sang pemain menyumbangkan dua gol pada akhir babak kedua sehingga memaksa laga berlanjut hingga adu penalti.

    "Tak ada yang perlu dicela dari diri saya. Anak-anak berjuang sampai akhir yang pahit dan mereka berada di ruang ganti dengan perasaan sedih. Mereka memberikan segalanya, saya sangat bangga,"  terang Louis van Gaal dikutip dari Fotmob.

    Sebelum melihat timnya tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022 lewat drama adu penalti, Louis van Gaal juga pernah merasakan hal yang sama pada 2014. Kala itu Belanda juga tersingkir dari Piala Dunia di tangan Argentina lewat drama adu penalti.

    2 dari 5 halaman

    Ironi Louis van Gaal

    Kekalahan Belanda dari Argentina di Piala Dunia 2022 menyimpan duka tersendiri bagi Louis van Gaal. Ini menjadi kali kedua Louis van Gaal dikalahkan Argentina di Piala Dunia.

    Sebelumnya Louis van Gaal juga memimpin Timnas Belanda di Piala Dunia 2014. Mencapai semifinal, Louis van Gaal harus mengubur mimpinya bermain di partai puncak setelah kalah lewat drama adu penalti.

    Tentu saja kalah dua kali dengan tim dan cara yang sama merupakan ironi paling menyakitkan untuk karier kepelatihan Van Gaal. Apalagi sang pelatih sudah berusia 71 tahun dan kemungkinan tidak akan kembali terjun di Piala Dunia selanjutnya.

    "Saya bersenang-senang. Sangat menyakitkan untuk tersingkir seperti ini, terutama karena saya melakukan semua yang saya bisa untuk mencegah hal ini terjadi," ujar Louis van Gaal.

    3 dari 5 halaman

    Rekor Terhenti

    Kekalahan dari Argentina sepertinya menghancurkan semua yang dibangun oleh Louis van Gaal. Argentina menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan Belanda sejak Louis van Gaal kembali ditunjuk sebagai pelatih untuk kali ketiga.

    Louis van Gaal kembali melatih Timnas Belanda pada tahun lalu untuk bertarung di Piala Dunia 2022. Sebelumnya Louis van Gaal juga pernah menukangi tim Oranye pada 2000 hingga 2001 dan 2012 hingga 2014.

    Sejak kembali menjadi pelatih Belanda, Louis van Gaal menorehkan 20 laga tanpa kekalahan. Namun, kekalahan dari Argentina di perempat final Piala Dunia 2022 menjadi yang pertama bagi Louis van Gaal.

    "Yang saya tinggalkan adalah tim yang luar biasa, sebagai manusia dan pesepak bola. Saya adalah pelatih untuk 20 pertandingan dan kami tidak kehilangan satu pun dari mereka. Ada alasan untuk itu," ujar Louis van Gaal.

     

     

    4 dari 5 halaman

    Perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022

    Belanda tampil cukup impresif di Piala Dunia 2022. Pada fase grup, tim asuhan Louis van Gaal itu dua kali menang dengan skor identik, masing-masing 2-0 atas Belanda dan Qatar, serta bermain imbang 1-1 dengan Ekuador.

    Lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup A, Belanda pun bertemu dengan Amerika Serikat yang lolos sebagai runner-up Grup B. Belanda meraih kemenangan 3-1 lewat gol Memphis Depay, Daley Blind, dan Denzel Dumfries.

    Bahkan di perempat final pun, Belanda bisa sebenarnya mengalahkan Argentina. Sempat tertinggal 0-2 lebih dulu, Belanda mampu bangkit dan menyamakan kedudukan lewat dua gol Wout Weghorts pada menit ke-83 dan 90+11.

    Sayangnya, laga harus berlanjut hingga drama adu penalti dan kepiawaian kiper Argentina, Emiliano Martinez, membuat Belanda tak bisa melanjutkan kiprahnya di Qatar.

    Sumber: Fotmob dan Transfermarkt

    Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 10/12/2022)

    5 dari 5 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer