Sukses


    Laporan dari Qatar: Ucapan Belasungkawa Presiden FIFA untuk Jurnalis AS yang Wafat Saat Meliput Partai Argentina Vs Belanda

    Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Para peliput Piala Dunia 2022 Qatar berduka. Penyebabnya jurnalis asal Amerika Serikat, Grant Wahl meninggal dunia.

    Grant Wahl wafat dalam tugasnya meliput pertandingan antara Timnas Argentina versus Belanda di Stadion Lusail pada perempat final Piala Dunia 2022 hari Jumat (09/12/2022) malam waktu setempat.

    Presiden FIFA, Gianni Infantino pun turut mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya jurnalis yang bekerja untuk Substack, CBS Sports, dan NBC News ini.

    "Dengan rasa tidak percaya dan kesedihan yang luar biasa, saya diberitahu tentang meninggalnya jurnalis olahraga terkenal Grant Wahl, saat melaporkan pertandingan perempat final Piala Dunia FIFA di Qatar," kata Infantino.

    2 dari 5 halaman

    Baru Saja Dapat Penghargaan

    Ironisnya Grant Wahl baru saja mendapat penghargaan dari FIFA karena sudah meliput Piala Dunia pada delapan edisi berturut-turut.

    Grant Wahl diketahui kali pertama bertugas meliput Piala Dunia pada tahun 1994. Kala itu Amerika Serikat menjadi tuan rumah.

    "Hanya beberapa hari yang lalu, Grant mendapat penghargaan setelah meliput delapan edisi berturut-turut dari FIFA," kata Gianni Infantino. 

    "Karier jurnalisnya juga mencakup beberapa Piala Dunia Wanita, serta sejumlah acara olahraga internasional lainnya." 

    "Kecintaannya pada sepak bola sangat besar dan liputannya akan dirindukan oleh semua orang," lanjutnya. 

    3 dari 5 halaman

    Kronologis

    Rekan Grant Wahl yang juga jurnalis asal AS jadi saksi mata wafatnya sang kolega. Saksi mata yang duduk di dekatnya mengatakan tiba-tiba Wahl kehilangan kesadaran saat sedang duduk pada perpanjangan waktu. 

    Kemudian seorang wartawan yang berdekatan dengannya meminta bantuan. Petugas layanan darurat merespons dengan sangat cepat dan kemudian mereka diberi tahu bahwa Wahl sudah meninggal dunia. 

    Jurnalis Univision yang juga menjadi saksi mata Rafael Cores turut membeberkan sebelum tiba-tiba kehilangan kesadaran, Wahl dalam kondisi sangat sehat. 

    "Dia sedang menulis berita di laptop, sekitar 4 menit sebelum waktu tambahan berakhir. Dia menertawakan lelucon yang kami lihat di Twitter beberapa menit sebelumnya," ujar Cores. 

    "Saya tidak percaya. Belasungkawa saya yang terdalam untuk keluarga Grant Wahl," lanjutnya. 

    4 dari 5 halaman

    Belasungkawa dari LeBron James

    Wahl salah satu jurnalis olahraga berpengaruh di AS. Dia pernah menulis profil LeBron James saat masih berusia 17 tahun atau perguruan tinggi.

    Wahl kala itu memprediksi LeBron James bakal jadi pemain besar di NBA. Analisis Wahl tentunya 100 persen benar.

    Mengetahui Wahl meninggal dunia saat meliput Piala Dunia 2022, membuat LeBron James turut berduka cita.

    "Bahkan ketika saya sudah menjadi pemain NBA dan Grant Wahl harus menulis berita olahraga selain basket, setiap kali namanya muncul, saya seperti terkenang masa remaja saya," ujar LeBron James.

    "Jadi ini adalah kehilangan yang tragis," lanjutnya.

    5 dari 5 halaman

    Laporan dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer