Sukses


    Perjalanan Fantastis Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022: Depak Spanyol dan Portugal, Kebobolan Cuma dari Gol Bunuh Diri!

    Bola.com, Doha - Timnas Maroko luar biasa! Tim berjulukan Singa Atlas ini melaju ke semifinal Piala Dunia 2022

    Maroko sukses memulangkan Portugal dalam laga perempat final di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. Gol tandukan Youssef En-Nesyri pada menit ke-42 membuat Cristiano Ronaldo dkk. menangis.

    Maroko berstatus underdog. Mereka tak diunggulkan, namun tampil luar biasa.

    Dalam duel melawan Portugal, Maroko kalah penguasaan bola, 26 persen berbanding 74. Namun, kedisiplinan mereka membuat Portugal mati kutu.

    Hakim Ziyech dkk. justru lebih banyak meneror Portugal dengan 12 percobaan, tiga di antaranya on target. Sementara, Portugal cuma 9 tembakan.

    Maroko mencetak sejarah untuk pertama kali lolos ke semifinal Piala Dunia. Mereka juga menjadi negara Afrika pertama yang mencapai empat besar.

    2 dari 6 halaman

    Fase Grup: Underdog Jadi Juara

    Maroko tergabung di Grup F bersama Belgia, Kroasia, dan Kanada. Di grup ini, Belgia dan Kroasia diunggulkan.

    Maroko membuka laga fase grup dengan hasil imbang tanpa gol melawan Kroasia.

    Kemudian, mereka mengalahkan Belgia 2-0. Pada partai terakhir, Maroko mengalahkan Kanada 2-1 dan memastikan tiket 16 besar sebagai juara grup.

    3 dari 6 halaman

    16 Besar: Pulangkan Spanyol

    Maroko berhadapan dengan Spanyol sebagai runner-up Grup C. Lagi-lagi, tim Singa Atlas tak diunggulkan.

    Namun, pasukan Walid Regragui membalikkan prediksi. Mereka menahan Spanyol 0-0 sampai extra time dan dalam waktu singkat memutar keadaan dengan memenangkan adu penalti 3-0.

    Maroko pun mencatat sejarah untuk pertama kalinya menembus perempat final.

    4 dari 6 halaman

    Perempat Final: Singkirkan Portugal

    Portugal menjadi korban berikutnya. Pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 ini berjalan sangat menarik sejak awal. Portugal menguasai jalannya permainan dan lebih sering memegang bola pada babak pertama.

    Tandukan Youssef En-Nesyri berhasil mengoyak jala gawang Portugal dan membawa Maroko unggul 1-0.

    Hingga pertandingan berakhir, Portugal tak mampu menembus pertahanan Maroko yang habis-habisan bertahan pada akhir babak kedua. Portugal pun tersingkir dari Piala Dunia 2022 dan Maroko lolos ke semifinal untuk pertama kali dalam sejarah. 

    Portugal pun lemas. Cristiano Ronaldo tak kuasa menahan tangis.

    5 dari 6 halaman

    Rekor Tak Pernah Dibobol Lawan

    Maroko menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Piala Dunia 2022. Mereka itu hanya kebobolan satu gol dari lima pertandignan yang sudah mereka mainkan di Qatar.

    Satu gol itu tercipta ketika Maroko menghadapi Kanada di laga terakhir fase grup. Maroko menang 2-1 atas Kanada untuk memastikan diri melangkah ke 16 besar sebagai juara Grup F Piala Dunia 2022.

    Namun, fakta lain yang tak kalah menarik adalah satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Maroko itu tercipta karena gol bunuh diri.

    Saat itu Nayef Aguerd menceploskan bola ke dalam gawangnya sendiri dan sejak saat itu tak ada lagi gol yang tercipta ke gawang Maroko.

    Artinya, tak ada satu pun pemain lawan yang menghadapi Maroko bisa mencetak gol. Semua pemain lawan gagal mencetak gol ketika menghadapi Maroko di Piala Dunia 2022 dan ini menjadi sebuah rekor yang menarik di turnamen yang digelar di Qatar ini.

    6 dari 6 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer