Sukses


    Ulasan Luciano Leandro Soal Prancis Vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022: Ketajaman Lini Depan Kontra Pertahanan Terbaik

    Bola.com, Jakarta - Duel antara Prancis versus Maroko jadi salah satu laga yang dinanti dalam semifinal Piala Dunia 2022. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB.

    Dua tim akan saling sikut demi berebut satu tiket final. Timnas Prancis melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menaklukkan tim kuat Inggris dengan skor 2-1 di Stadion Al Bayt, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Gol kemenangan Les Bleus dicetak oleh Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud.

    Sedangkan Maroko secara mengejutkan sukses menyingkirkan tim unggulan Portugal di babak perempatfinal. Tim besutan Walid Regragui itu menang dengan skor 1-0 lewat aksi Youssef En-Nesyri di Stadion Al Thumama, Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

    Duel nanti akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di ajang Piala Dunia. Sebelumnya Prancis dan Maroko hanya pernah bertemu dalam laga persahabatan. Prancis unggul dengan satu kemenangan dan hasil imbang.

    2 dari 5 halaman

    Tak Jadi Patokan

    Tetapi, hasil itu tidak bisa menjadi patokan. Apalagi pertemuan kedua tim terjadi sudah cukup lama yakni pada tahun 1999 dan 2007. Selain itu, atmosfer Piala Dunia dan pertandingan ujicoba jelas sangat berbeda. Hal ini dilontarkan mantan pelatih Persipura Jayapura Luciano Leandro.

    "Maroko adalah kejutan besar di Piala Dunia 2022, mereka sering bermain sepak bola dengan penjagaan rendah dan kemudian dengan transisi ofensif cepat untuk mengejutkan lawan mereka. Ini telah berhasil sejauh ini di beberapa laga yang mereka mainkan," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com, Senin (12/12/2022).

    Apa yang dikatakan Luciano Leandro benar adanya. Sebab, sejauh ini Maroko memang tampil memukau dan secara mengejutkan berada di semifinal Piala Dunia 2022. Tim berjulukan Singa Atlas jadi wakil Afrika pertama yang sukses menembus semifinal Piala Dunia. Luar biasa!

    3 dari 5 halaman

    Prancis Unggul Kecepatan, tapi Pertahanan Maroko Kuat

    Luciano Leandro menilai dua tim ini memiliki karakter permainan yang sangat berbeda. Menurutnya, Prancis mengandalkan kecepatan untuk membobol gawang lawan. Sedangkan Maroko memilki pertahanan yang tangguh.

    Prancis punya tugas berat membongkar pertahanan rapat Maroko dan mewaspadai serangan cepat Hakim Ziyech dkk.

    "Timnas Maroko dengan pertahanan yang kuat, tidak mengekspos diri untuk menghindari transisi ofensif lawan. Mereka jadi satu-satunya tim di Piala Dunia 2022 yang gawangnya belum pernah dibobol lawan, ada satu kemasukan tapi itu gol bunuh diri," ucap pelatih berusia 56 tahun itu.

    "Kalau Prancis mencoba untuk menginisiatif menyerang dengan penguasaan bola yang baik. Mereka selalu berusaha menyerang dengan kecepatan, memanfaatkan kecepatan penyerang mereka dan terutama ledakan Kylian Mbappe untuk menembus sektor pertahanan lawan," sambung Luciano Leandro.

    4 dari 5 halaman

    Prediksi Skor Luciano Leandro

    Meski menilai kedua tim sama-sama kuat, Luciano Leandro akan menjagokan Prancis lolos ke final. Legenda hidup PSM Makassar itu memprediksi Raphael Varane dkk bisa menang dengan skor tipis 2-1.

    "Dalam sepak bola saya cenderung menganalisis faktor yang sangat penting dalam sebuah tim sepak bola, permainan Prancis dalam transisi mereka sangat cepat dan efisien. Jarak antar pemain dekat dengan menggunakan seluruh lebar dan kedalaman lapangan, mereka menyentuh bola dengan cepat," paparnya.

    "Pemain sayap bermain bagus dan cepat, memanjakan penyerang mencetak gol dan ketika mereka kehilangan bola mereka mencoba untuk segera mendapatkan kembali untuk menguasai. Mereka juga akan turun membantu pertahanan dan membuat tim lawan sulit untuk maju," katanya memungkasi.

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer