Sukses


    Kroasia Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Dominik Livakovic Masih Berpeluang Merebut Golden Glove?

    Bola.com, Jakarta - Kroasia harus mengakhiri kiprah di Piala Dunia 2022 setelah kalah 0-3 dari Argentina di laga semifinal yang berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Kecemerlangan Dominik Livakovic di bawah mistar gawang pun berakhir.

    Dominik Livakovic merupakan satu di antara deretan kiper yang tampil gemilang di Piala Dunia 2022. Kiper milik Dinamo Zagreb itu adalah sosok krusial di balik keberhasilan Kroasia melangkah hingga semifinal.

    Dominik Livakovic tercatat hanya meraih dua clean sheet dalam enam pertandinngan Kroasia di Piala Dunia 2022, yaitu saat bermain imbang tanpa gol dengan Maroko dan Belgia.

    Namun, lebih daripada itu, aksinya membantu Kroasia melangkah jauh lewat drama adu penalti pada 16 besar dan perempat final membuat nama Livakovic pun jadi sorotan.

    Bahkan kiper berusia 27 tahun ini digadang-gadnag bisa menjadi kandidat untuk meraih sarung tangan emas di Piala Dunia 2022, sebuah penghargaan untuk kiper terbaik sepanjang turnamen ini.

    Namun, setelah Kroasia kalah dari Argentina di semifinal Piala Dunia 2022, apakah Dominik Livakovic masih bisa meraih penghargaan kiper terbaik itu?

    2 dari 5 halaman

    Penyelamatan Terbanyak di Piala Dunia 2022

    Seperti dilansir dari Squawka, Dominik Livakovic sejauh ini sudah mencatatkan 24 penyelamatan di Piala Dunia 2022. Catatan itu membuatnya menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak selama di Qatar.

    Selain itu, Livakovic punya catatan gemilang ketika menghadapi Brasil di perempat final Piala Dunia 2022.  Kiper berusia 27 tahun itu tercatat melakukan 11 kali penyelamatan, jumlah terbanyak dalam satu pertandingan yang terjadi di Piala Dunia 2022.

    Dengan bermodalkan catatan tersebut, mampukah Dominik Livakovic meraih sarung tangan emas atau Golden Glove Piala Dunia 2022?

    3 dari 5 halaman

    Bersaing dengan Martinez dan Bounou

    Berhasil lolosnya Argentina ke final Piala Dunia 2022 membuat sang penjaga gawang, Emilianoo Martinez punya kans kuat untuk menjadi kiper terbaik.

    Selain itu juga masih ada dua kiper yang baru akan bertanding di semifinal pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB, yaitu Yassine Bounou dari Maroko dan Hugo Lloris di Prancis.

    Artinya kans Dominik Livakovic untuk meraih sarung tangan emas tak begitu saja mudah, meski mungkin Hugo Lloris tak terlalu diperhitungkan untuk menjadi kandidat.

    Artinya hanya Emiliano Martinez dan Yassine Bounou yang sejauh ini bisa menjadi penghalang Livakovic meraih gelar individu di Piala Dunia 2022 tersebut.

    <p>Kiper Maroko, Yassine Bounou mengikuti sesi latihan di Stadion Al Duhail SC di Doha pada 13 Desember 2022. Maroko berhasil lolos ke semifinal usai menyingkirkan Portugal dengan skor 1-0 pada babak perempat final. (AFP/Karim Jaafar)</p>

    Yassine Bounou, Jordan Pickford, dan Emiliano Martinez adalah kiper yang tercatat paling sering mencatatkan clean sheet di Piala Dunia 2022, di mana masing-masing kiper mencatatkan tiga clean sheet.

    Bahkan meski punya catatan dua clean sheet, Dominik Livakovic tak berada di posisi terbaik untuk jadi pemenang sarung tangan emas.

    Namun, jika bicara jumlah penyelamatan, Emiliano Martinez dan Yassine Bounou tak perlu diperhitungkan. Hanya Wojciech Szczesny, kiper Polandia, yang punya catatan yang bersaing, dengan 23 penyelamatan dalam 360 menit permainan di Piala Dunia 2022.

    4 dari 5 halaman

    Pertimbangan Menentukan Pemenang Sarung Tangan Emas

    Penghitungan elemenyang menentukan siapa nantinya yang menjadi kiper terbaik dan merebut sarung tangan emas di Piala Dunia memang menarik.

    Berbeda dengan Premier League, penentuan sarung tangan emas di Piala Dunia 2022 tak hanya tergantung kepada jumlah clean sheet saja. Menit bermain dan jumlah penyelamatan juga jadi pertimbangan.

    Sebagai contoh Thibaut Courtois pada Piala Dunia 2018. Kiper Belgia itu memenangkan sarung tangan emas setelah meraih tiga clean sheet. Namun, secara menit bertanding harusnya ia gagal setelah Belgia tersingkir di tangan Prancis pada laga semifinal.

    Namun, jumlah penyelamatan Thibaut Courtois jadi elemen yang penting dalam keberbasilannya menjadi kiper terbaik di Piala Dunia 2018. Courtois mencatatkan 27 penyelamatan yang membantu Belgia melangkah hingga semifinal.

    Jadi berdasarkan pengalaman Courtois, Dominik Livanovic masih berpeluang untuk menjadi kiper terbaik di Piala Dunia 2022. Ia masih bisa menambah jumlah clean sheet menjadi tiga kali dan jumlah penyelamatannya dengan bermain di pertandingan perebutan tempat ketiga pada 17 Desember 2022.

    Sumber: Squawka

    5 dari 5 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer