Sukses


    4 Fakta Menarik Kemenangan Kroasia atas Maroko di Laga Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Kroasia mengakhiri kiprah di Piala Dunia 2022 sebagai tim peringkat ketiga. Predikat itu disematkan kepada Luka Modric dkk. setelah mereka meraih kemenangan 2-1 atas Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (17/12/2022) malam WIB.

    Kroasia langsung tancap gas saat laga belum genap delapan menit. Josko Gvardiol melakukan diving header yang sukses menjebol gawang Maroko.

    Namun, hanya berselang kurang dari dua menit, Maroko ganti mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Achraf Dari yang tak terkawal dengan baik di jantung pertahanan Kroasia berhasil menanduk bola yang gagal dihalau oleh Dominik Livakovic.

    Gol penentu kemenangan Kroasia hadir pada menit ke-42 lewat kaki Mislav Orsic yang melepaskan tembakan melambung dari sisi kiri serangan dan gagal dihalau oleh Yassine Bounou.

    Tak ada gol tercipta lagi hingga pertandingan berakhir. Kroasia pun memastikan kemenangan 2-1 itu membuat mereka berhak menjadi tim peringkat ketiga di Piala Dunia 2022 dan meraih hadiah sebesar USD 27 juta atau Rp421 miliar.

    Berikut empat fakta menarik yang tercipta setelah Kroasia mengamankan posisi ketiga di Piala Dunia 2022:

    2 dari 6 halaman

    Kroasia Mencapai 3 Besar dalam Separuh Kiprah Kroasia di Piala Dunia

     

    Setelah merdeka dari Yugoslavia pada 1991 dan absen di Piala Dunia 2014 karena belum menjadi anggota FIFA, Kroasia akhirnya langsung lolos ke Piala Dunia 1998 di Prancis. Itu menjadi edisi pertama Kroasia di Piala Dunia.

    Setelah itu, Kroasia lolos ke Piala Dunia pada 2002, 2006, 2014, 2018, dan 2022. Artinya, sudah enam edisi Kroasia tampil di Piala Dunia sejak meredeka.

    Menariknya, dari enam penampilan di Piala Dunia, pencapaian di Piala Dunia 2022 di Qatar ini membuat mereka mencatatkan separuh dari kiprah di Piala Dunia selalu berakhir di posisi tiga besar.

    Pertama pada edisi pertama mereka, 1998. Saat itu Kroasia langsung menjadi tim peringkat ketiga dalam debut mereka di Piala Dunia.

    Kemudian tentu saja runner-up Piala Dunia 2018, di mana Luka Modric dkk. kalah dari Prancis di pertandingan final.

    Terakhir Piala Dunia 2022 di Qatar, di mana Kroasia terhenti di semifinal dan kemudian menang 2-1 atas Maroko untuk jadi tim peringkat ketiga.

    Sementara pada tiga edisi lainnya, yaitu 2002, 2006, dan 2014, Kroasia harus tersingkir di fase grup.

    3 dari 6 halaman

    Achraf Dari Bakal Selamanya di Buku Sejarah Piala Dunia

    Achraf Dari menjadi pencetak gol bagi Maroko di pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022. Tandukan kepala yang dilakukannya bebuah gol yang membuat kedudukan sempat sama 1-1.

    Gol ini membuat Achraf Dari mencatatkan fakta sebagai pemain asal Afrika pertama yang mencetak gol pada laga perebutan tempat ketiga dalam sejarah Piala Dunia.

    Seperti dilansir dari William Hill, tampaknya catatan Achaf Dari di buku sejarah Piala Dunia ini akan bertahan cukup lama, bahkan mungkin selamanya.

     

    4 dari 6 halaman

    Ivan Perisic Jadi Pemain Paling Berkontribusi di Skuad Kroasia

    Ivan Perisic boleh dibilang menjadi pemain Kroasia yang paling berkontribusi atas terciptanya gol tim berjulukan Vatreni di Piala Dunia 2022.

    Dengan catatan 3 assist dan 1 gol, Ivan Perisic terlibat dalam terciptanya empat dari total tujuh gol yang dibuat Kroasia sepanjang berlaga di Qatar. Artinya, Ivan Perisic membuat kontribusi besar, melebihi 50 persen dari gol Kroasia.

    Tak hanya itu saja, dengan catatan 3 assist Ivan Perisic kini berada di puncak daftar top assist bersama empat pemain lain, yaitu Harry Kane, Bruno Fernandes, Antoine Griezmann, dan Lionel Messi.

    Hanya Antoine Griezmann dan Lionel Messi, yang masiih akan bertanding di laga final, yang bakal menggaalkan Ivan Perisic sebagai top assist di Piala Dunia 2022.

     

    5 dari 6 halaman

    14 Laga dalam 2 Edisi Terakhir Piala Dunia, Kroasia Hanya 2 Kali Kalah

    Dalam dua edisi terakhir Piala Dunia, di mana Kroasia selalu melangkah jauh, Luka Modric dkk. hanya mengalami dua kali kalah. Itu pun diraih dalam 14 pertandingan yang dijalani sejak Piala Dunia 2018 di Rusia hingga Piala Dunia 2022 di Qatar.

    Kroasia mengalami kekalahan dari Prancis di final Piala Dunia 2018, dan dari Argentina di semifinal Piala Dunia 2022.

    Sementara dalam sisanya, Kroasia meraih enam kemenangan dan enam hasil imbang.

    Sumber: Squawka, William Hill, OptaJoe

     

    6 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer