Sukses


    Juara Piala Dunia 2022, Perjuangan Timnas Argentina Mirip Spanyol pada 2010

    Bola.com, Jakarta - Timnas Argentina berhasil meraih trofi Piala Dunia 2022. Keberhasilan La Albiceleste serupa dengan Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2010.

    Tim asuhan Lionel Scaloni tersebut menghadapi Prancis pada laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Timnas Argentina mendapat perlawanan sengit dari Prancis.

    Setelah sempat unggul 2-0, Tim Tango lengah dan membuat Les Blues berhasil membuat skor menjadi sama kuat 2-2. Kedudukan imbang membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

    Pada extra time, kedua tim sama-sama mencetak satu gol tambahan. Skor imbang 3-3 tetap tidak berubah hingga babak tambahan berakhir. Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti.

    Pada babak tos-tosan, Timnas Argentina akhirnya keluar sebagai juara setelah menang 4-2 atas Prancis. Hasil itu pun membuat Argentina berhak meraih trofi Piala Dunia 2022.

     

    2 dari 4 halaman

    Gelar Ketiga

    Bagi Timnas Argentina, itu adalah trofi ketiga di Piala Dunia. Sebelumnya, La Albiceleste meraih titel juara pada 1978 dan 1986. Mereka hanya kalah dari Italia dan Jerman yang sudah merengkuh tiga gelar juara, dan Brasil dengan koleksi lima titel.

    "Anda membuat saya sadar Maradona tidak ada di sini. Padahal, Anda akan mengira dia ada di antara kita. Untuknya kami berhasil mengangkat trofi ini," kata pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni, seperti dikutip Yahoo Sports.

    "Sesuatu yang sudah lama kami impikan. Kami adalah negara yang sangat mencintai sepak bola," tegas Scaloni.

     

    3 dari 4 halaman

    Awal yang Kurang Meyakinkan

    Namun, sebelum keluar sebagai juara, Timnas Argentina mengawali Piala Dunia 2022 dengan kurang meyakinkan. Mereka menyerah 1-2 dari Timnas Arab Saudi pada pertandingan pertama Grup C di Lusail Stadium, Lusail, 22 November 2022.

    Selepas itu, Argentina langsung tancap gas. Tim Tango berhasil mengalahkan Meksiko dan Polandia dengan skor identik 2-0 dalam dua laga terakhir fase grup.

    Hasil itu membuat Timnas Argentina lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup C. Mereka mengoleksi enam poin, unggul dua angka atas Polandia di tempat kedua.

    La Albiceleste menang 2-1 atas Australia pada 16 besar, mengalahkan Belanda lewat adu penalti dengan skor 4-3 (2-2) pada perempat final, melumat Kroasia dengan skor 3-0 pada semifinal, dan akhirnya mengalahkan Prancis pada partai puncak.

     

    4 dari 4 halaman

    Menyamai Spanyol pada Piala Dunia 2010

    Perjalanan Timnas Jerman untuk menjadi juara di Piala Dunia 2022 serupa dengan Spanyol pada 2010. La Roja juga menelan kekalahan pada laga perdana Grup H Piala Dunia 2010.

    Dalam partai pembuka fase grup melawan Swiss, 16 Juni 2010, Spanyol takluk dengan skor 1-0. Namun setelah itu, Timnas Spanyol bermain moncer hingga ke final.

    Mereka membungkam Honduras (2-0) dan Chile (2-1) dalam dua laga terakhir Grup H. Hasil tersebut membuat La Furia Roja melenggang ke-16 besar dengan koleksi enam poin.

    Pada fase gugur, Timnas Spanyol tampil impresif. Mereka menang dengan skor identik 1-0 atas Portugal (16 besar), Paraguay (perempat final), Jerman (semifinal), dan Belanda (final).

    Berkat keberhasilan tersebut, Timnas Spanyol keluar sebagai juara dan meraih trofi perdana di Piala Dunia.

    Sumber: Berbagai sumber

    Video Populer

    Foto Populer