Sukses


    Update Ranking Terbaru FIFA: Juara Piala Dunia 2022, Argentina Bukan Peringkat 1 Lho

    Bola.com, Jakarta - Timnas Argentina baru saja dinobatkan sebagai tim terbaik usai memenangkan Piala Dunia 2022. La Albiceleste keluar sebaai kampiun setelah menggasak Prancis di final.

    Lionel Messi dkk. berhasil membawa Timnas Argentina merengkuh gelar Piala Dunia 2022 setelah menang dalam drama adu penalti 4-2 (3-3) kontra Prancis di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

    Meski sukses mengangkat trofi Piala Dunia sekaligus gelar ketiganya sepanjang sejarah, ternyata Argentina bukan menjadi tim di urutan pertama ranking terbaru FIFA.

    Melansir ESPN, Brasil masih menempati peringkat pertama FIFA meskipun Argentina memenangkan Piala Dunia 2022. Tim Samba masih mempertahankan statusnya tersebut sejak bulan Februari 2022, atau setelah menggeser posisi Belgia.

    2 dari 6 halaman

    Belum Cukup

    Brasil tidak mampu melaju jauh di Piala Dunia 2022. Mereka terhenti di babak perempat final karena kalah adu penalti dari Kroasia. Brasil juga sempat menelan kekalahan dari Kamerun di fase grup.

    Argentina, sementara itu, memenangkan empat pertandingan. Kalah satu kali dari Arab Saudi dan dua kali menang melalui adu penalti, termasuk final pada Minggu saat mereka mengalahkan Prancis 4-2 melalui adu penalti.

    Tapi rangkaian kemenangan Argentina itu masih belum cukup membawa mereka mengeser posisi Brasil sebagai urutan pertama ranking FIFA.

    3 dari 6 halaman

    Argentina di Posisi Kedua

    Argentina memenangkan Copa America pada tahun 2021 dan sekarang menjadi juara dunia, tetapi itu tidak cukup untuk posisi berada di urutan pertama.

    Kemenangan via adu penalti bernilai poin peringkat jauh lebih sedikit dari pada kemenangan waktu normal. Jika Argentina atau Prancis memenangkan final dalam waktu 120 menit.

    4 dari 6 halaman

    Peringkat Prancis Juga Naik

    Argentina dan Prancis masing-masing naik satu tempat ke posisi kedua dan ketiga. Sementara Belgia turun dua tempat ke posisi keempat setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup.

    Inggris tetap di urutan kelima, dengan sesama perempat finalis Belanda naik dua tempat ke urutan keenam.

    Kroasia yang mengunci tempat ketiga di Piala Dunia 2022 naik hingga ke posisi tujuh. Italia, yang gagal lolos ke Qatar, turun dua peringkat ke urutan delapan. Portugal tidak berubah di peringkat kesembilan, dan Spanyol turun tiga peringkat ke posisi 10.

    5 dari 6 halaman

    Lesatan Maroko

    Tim yang melakukan lompatan jauh dalam ranking terbaru FIFA adalah Maroko dan Australia, yang sama-sama naik 11 peringkat. Kedua negara tampil luar biasa, Maroko sebagai finalis Piala Dunia 2022 dan berada di posisi 11 ranking FIFA.

    Sedangkan Australia yang mencapai babak 16 besar di Qatar, naik ke urutan ke-27. Ini bukan peringkat tertinggi Maroko, karena mereka berada di urutan ke-10 pada tahun 1998. Maroko juga pernah terpuruk hingga di posisi ke-92 pada tahun 2015.

    Kamerun juga menikmati kenaikan besar dari 10 peringkat ke peringkat 33, berkat kemenangan mereka atas Brasil.

    6 dari 6 halaman

    Daftar 20 Besar Ranking Terbaru FIFA

    20 Besar Peringkat Terbaru FIFA:

    1. Brasil

    2. Argentina

    3. Prancis

    4. Belgia

    5. Inggris

    6. Belanda

    7. Kroasia

    8. Italia

    9. Portugis

    10. Spanyol

    11. Maroko

    12. Swiss

    13. Amerika Serikat

    14. Jerman

    15. Meksiko

    16.Uruguay

    17. Kolombia

    18. Denmark

    19. Senegal

    20. Jepang

     

    Sumber: ESPN

    Video Populer

    Foto Populer