Sukses


    5 Assist Ajaib di Piala Dunia 2022: Lagi-lagi Lionel Messi, Maaf kalau Bosan..

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 menyisakan banyak cerita.

    Dalam sepak bola, sejumlah peran pemain tidak kalah hebatnya dengan striker yang mencetak gol. Misalnya saja seorang penjaga gawang yang berusaha untuk clean sheet atau pemain bertahan yang berusaha merebut bola atau intercept secara bersih.

    Selain itu, peran seorang playmaker juga tidak kalah hebatnya di lini tengah. Meskipun pencetak gol selalu mendapat pujian, pemain yang menciptakan peluang juga sama pentingnya bagi tim.

    Seorang playmaker harus bisa mengatur permainan timnya dan harus bisa menghidupkan alur bola jika kesebelasannya terus menerus di tekan. Lalu yang tidak kalah pentingnya juga harus bisa menciptakan peluang dengan umpan matangnya.

    Di Piala Dunia 2022 yang baru saja berakhir, kita juga disuguhkan sejumlah umpan memukau yang berbuah gol atau yang biasa disebut assist. Berkat peran para playmaker ini, total 172 gol tercipta di Qatar.

    Dari sekian banyaknya umpan cantik itu, ada lima assist terbaik di Piala Dunia 2022. Siapa sajakah yang mencetak assist terbaik di Qatar?

    2 dari 6 halaman

    5. Son Heung-min ke Hwang Hee-chan (Korea Selatan vs Portugal)

    Korea Selatan menghasilkan kemenangan comeback yang brilian dalam pertandingan babak penyisihan grup terakhir mereka melawan Portugal. Kemenangan tersebut membuat mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

    Teaguk Wariors yang tertinggal di menit kelima melalui gol Ricardo Horta mampu membalikan keadaan melalui Kim Young-gwon (27) dan Hwang Hee-chan (90+1).

    Gol Hwang berawal dari assist cantik Son Heung-min yang berlari dan menarik tiga pemain Portugal sebelum melepaskan umpan manis ke Hwang.

    3 dari 6 halaman

    4. Daley Blind ke Denzel Dumfries (Belanda vs AS)

    Belanda begitu mendominasi saat menghadapi Amerika Serikat di babak 16 besar, di mana mereka akhirnya menang 3-1. Dua bek sayap De Oranje jadi bintang, saat Denzel Dumfries membuat dua assist dan satu gol serta Daley Blind membuat satu gol dan satu assist.

    Bahkan kedua bek itu saling berkolaborasi sehingga tercipta gol ketiga Belanda. Blind yang menggiring bola di sayap kiri secara cerdik melepaskan umpan ke kotak penalti dan langsung disambut tendangan Dumfries.

    4 dari 6 halaman

    3. Lionel Messi ke Nahuel Molina (Argentina vs Belanda)

    Argentina diperkirakan akan kesulitan menerobos pertahanan Belanda di babak perempat final. Pasalnya Pelatih Belanda, Louis van Gaal mengintruksikan para pemainnya untuk mengawal ketat Messi.

    Tetapi Lionel Messi membuat sihirnya yang membuat para pemain Belanda bahkan penonton pastinya terperanga, meski Nathan Ake selalu menjaganya.

    Messi mendrible bola untuk menarik Ake, tetapi tidak ada yang menduga jika dia memberikan umpan jenius tanpa melihat ke arah Nahuel Molina untuk diselesaikan menjadi gol.

    5 dari 6 halaman

    2. Vinicius Junior ke Lucas Paqueta (Brasil vs Korea Selatan)

    Brasil benar-benar menghancurkan Korea Selatan di paruh pertama babak 16 besar. Selecao sudah unggul empat gol di babak pertama dan gol keempat menit ke-36 adalah hal yang terindah.

    Brasil memulai serangan balik dengan situasi tiga lawan empat saat Neymar mengirimkan bola ke Vinicius di sayap kiri. Vini menerobos masuk ke kotak penalti kemudian memberikan umpan chip ke Paqueta yang memperdaya seluruh pemain Korea.

    6 dari 6 halaman

    1. Lionel Messi ke Julian Alvarez (Argentina vs Kroasia)

    Bek Kroasia yang baru berusia 20 tahun Josko Gvardiol menjadi salah satu bek terbaik di Piala Dunia 2022. Sayangnya penampilan briliannya di lima laga sebelumnya dijatuhkan oleh Lionel Messi pada laga semifinal antara Argentina vs Kroasia.

    Gvardiol menjaga secara ketat Messi sisi kiri pertahanan Kroasia yang membuat kapten Argentina tidak bisa melepaskan umpan silang. Tetapi pemain berusia 35 tahun itu seperti menyihir Gvardiol dengan aksi drible yang fantastis sebelum melepaskan umpan brilian ke Julian Alvarez.

    Sumber: SportsKeeda

    Video Populer

    Foto Populer