Sukses


    Sebelum Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Sudah Sejajar Pele dan Maradona

    Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello, menganggap Lionel Messi telah sejajar dengan Pele dan Diego Maradona, sebelum sukses membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022.

    La Pulga merupakan satu di antara pesepak bola terbaik pada abad ke-21. Beragam trofi bergengsi berhasil direngkuh Lionel Messi, mulai dari level klub, timnas, hingga penghargaan individu.

    Prestasi Messi di dunia sepak bola membuatnya kerap dibanding-bandingkan dengan duo legendaris, Pele serta Maradona. Banyak yang menganggap jika level pemain berusia 35 tahun tersebut masih jauh berada di bawa kedua mantan pesepak bola tersebut.

    Satu trofi yang membuat Messi belum sejajar dengan Pele serta Diego Maradona adalah Piala Dunia. Pele telah meraih tiga gelar Piala Dunia, sedangkan Maradona satu trofi.

    Di sisi lain, Lionel Messi acap kali gagal mempersembahkan titel juara turnamen bergengsi itu untuk Timnas Argentina.

     

    2 dari 5 halaman

    Koleksi Trofi Lionel Messi Telah Lengkap

    Hingga akhirnya, Messi sukses membawa Tim Tango menjuarai Piala Dunia pada tahun ini. Pemain Paris Saint-Germain tersebut memimpin Timnas Argentina mengalahkan Prancis pada partai final yang berlangsung di Lusail Stadium, 18 Desember lalu.

    La Albiceleste membungkam Les Blues dengan 4-2 lewat drama adu penalti. Penentuan pemenang terpaksa dilakukan lewat babak tos-tosan karena skor imbang 3-3 bertahan hingga 120 menit.

    Titel Piala Dunia 2022 melengkapi koleksi juara Lionel Messi bersama Timnas Argentina, dan juga sebagai pesepak bola. Sebelumnya, Messi telah mempersembahkan gelar Copa America 2021 dan Finalissima 2022 untuk Argentina.

     

    3 dari 5 halaman

    Sudah Sejak Lama Sejajar dengan Pele dan Maradona

    Fabio Capello memuji pencapaian dan prestasi Lionel Messi di dunia sepak bola. Menurut Capello, Messi sudah sejak lama sejajar dengan Pele dan Maradona, sebelum perhelatan Piala Dunia 2022 digelar.

    "Bagi saya, Messi berada di level yang sama bahkan sebelum Piala Dunia. Pele, Messi, dan Maradona melakukan hal-hal yang orang lain bahkan sulit untuk membayangkan," kata Capello.

     

    4 dari 5 halaman

    Cristiano Ronaldo Arogan

    Selain memuji Lionel Messi, Fabio Capello juga melontarkan kritikan pedas kepada Cristiano Ronaldo. Di balik karier gemilang yang diukir Ronaldo, Capello menilai kapten Timnas Portugal itu sosok yang arogan dan menyulitkan bagi tim.

    "Ronaldo telah menghancurkan dirinya sendiri dan untuk apa yang sudah dia gapai sepanjang karier, itu menjadi memalukan," kata Capello.

    "Sebagai seorang pemain, Ronaldo sungguh luar biasa, tetapi dia arogan. Ronaldo membuat dirinya sulit menemukan klub yang akan percaya padanya. Ronaldo menjadi agak merepotkan bagi sebuah tim," tegas eks pelatih Juventus itu.

    Sumber: Football Italia

    5 dari 5 halaman

    Perjalanan Argentina di Piala Dunia 2022

    Fase Grup

    • Argentina 1-2 Arab Saudi
    • Argentina 2-0 Meksiko
    • Polandia 0-2 Argentina

    16 Besar

    • Argentina 2-1 Australia

    Perempat Final

    • Belanda 2-2 Argentina (pen 4-3)

    Semifinal

    • Argentina 3-0 Kroasia

    Final

    • Argentina 3-3 Prancis (pen 4-2)

    Video Populer

    Foto Populer