Sukses


    Demi Bisa Main di Piala Dunia U-20 2023, Proses Naturalisasi 3 Pemain Keturunan Diharapkan Berjalan Lancar

    Bola.com, Jakarta - Proses naturalisasi tiga pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 masih berjalan. Tiga sosok yang dimaksud adalah Rafael Struick, Justin Hubner, dan Ivar Jenner.

    Terbaru, dokumen tiga calon pemain Timnas Indonesia U-20 tersebut sudah masuk ke Kementrian Sekretariat Negara. Masih banyak proses lain yang harus mereka lalui.

    Utusan PSSI untuk urusan pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan belum bisa bicara banyak ketika dihubungi Bola.com. Ia hanya berharap proses naturalisasi tiga pemain keturunan Belanda itu berjalan lancar.

    "Semoga lancar prosesnya dan bisa segera disidang di DPR," harapnya mengenai proses naturalisasi itu kepada Bola.com.

    2 dari 4 halaman

    Proses Panjang

    Proses untuk menaturalisasi pemain memang tidak mudah. Proses itu membutuhkan waktu yang tidak panjang.

    Hamdan Hamedan menyebut dokumen naturalisasi Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick sudah siap sejak Desember 2022.

    "Iya dokumen mereka sudah siap sejak Desember 2022," katanya.

    Setelah dari Kemensetneg, dokumen ketiganya akan dikaji oleh Badan Intelejen Negara (BIN). Kemudian dokumen itu dikembalikan ke Kemensetneg dan disetujui oleh DPR.

    Setelah itu Presiden Joko Widodo bisa mengeluarkan Keppres. Setelah Keppres keluar, baru mereka bisa melakukan sumpah menjadi WNI.

    3 dari 4 halaman

    Masih Ada Satu Proses Lagi

    Jika semua proses di atas sudah selesai dilakukan, PSSI masih harus memiliki satu pekerjaan rumah. Mereka harus segera mengurus perpindahan asosiasi ketiganya dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

    Setelah FIFA mengesahkan alih status ketiganya, Jenner, Hubner, dan Struick dapat membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

    Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner adalah pemain keturunan yang diminta Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Shin bahkan sempat memanggil ketiganya untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

    1 Maret 2023

    • Timnas Indonesia U-20 Vs Irak

    4 Maret 2023

    • Suriah Vs Timnas Indonesia U-20

    7 Maret 2023

    • Uzbekistan Vs Timnas Indonesia U-20

    Video Populer

    Foto Populer