Sukses


    Pulang dari Timnas Indonesia U-20 karena Cedera, Zanadin Fariz Harus Menepi 8 Bulan

    Bola.com, Solo - Gelandang Persis Solo, Zanadin Fariz, mengalami cedera yang parah saat memperkuat Timnas Indonesia U-20 di kejuaraan Piala Asia U-20 2023. Selain harus naik meja operasi, ia dipastikan absen dalam waktu yang lama.

    Cedera yang dialami Zanadin Fariz ini terjadi saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia U-20 menjelang laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023 melawan Irak U-20.

    Karena cedera itu, pemain yang akrab disapa Ucil ini batal memperkuat Timnas Indonesia U-20. Dia pun dipulangkan ke Indonesia dan digantikan oleh bek muda PSIS Semarang, Brandon Scheunemann.

    Setelah menjalani proses magnetic resonance imaging (MRI), gelandang berusia 18 tahun ini didiagnosis mengalami total tear anterior cruciate ligament atau ACL. 

     

    2 dari 4 halaman

    Absen 8 Bulan dari Lapangan

    Menurut penjelasan Persis Solo, Zanadin Fariz harus menjalani operasi untuk memulihkan cederanya tersebut. Bahkan, dia harus melakukan rehabilitasi selama delapan bulan.

    Manajer Persis, Erwin Widianto, memastikan bahwa pihak klub akan memberikan dukungan penuh untuk proses pemulihan cedera pemain potensialnya tersebut.

    “Kami tentunya prihatin dengan kondisi Zanadin. Persis akan selalu memberikan dukungan kepadanya,” kata Erwin dalam rilis yang diterima Bola.com, Selasa (7/3/2023).

    “Karena cedera ini, Zanadin Fariz mungkin harus menepi dari lapangan hijau selama beberapa bulan hingga kembali pulih,” ia menambahkan.

     

    3 dari 4 halaman

    Dukungan Psikologis

    Erwin mengatakan, salah satu perhatian yang akan diberikan oleh Laskar Sambernyawa untuk membantu proses penyembuhan cedera ini ialah menjaga kondisi psikologis Zanadin Fariz.

    Pasalnya, aspek psikis itulah yang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu pemain kelahiran 31 Mei 2004 itu agar bisa pulih dari trauma.

    “Hal terpenting adalah kami akan menjaga kondisi mentalnya dan harus fokus pada proses pemulihan cedera,” katanya.

     

    4 dari 4 halaman

    Pemain Penting Timnas U-20

    Zanadin Fariz sebetulnya menjadi salah satu pemain penting di lini tengah Timnas Indonesia U-20, terutama untuk menggantikan Marselino Ferdinan yang absen di Piala Asia U-20 2023.

    Pada turnamen mini internasional sebelum kejuaraan ini, Ucil memang selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk menemani Arkhan Fikri di lini tengah.

    Dia sudah tiga kali bermain sebagai starter, yakni saat bersuai Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala. Sayangnya, cedera ini mengubur impian Ucil untuk membantu Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023.

    Bahkan, dengan waktu delapan bulan yang dibutuhkan untuk pulih dari cedera, dia dipastikan absen memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.    

    Video Populer

    Foto Populer