Sukses


    Piala Dunia U-20 2023: Erick Thohir Beri Pujian untuk Kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo

    Bola.com, Surabaya - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir tak henti berdecak kagum saat melakukan kunjungan ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/1/2023) siang WIB. Kunjungannya untuk mengecek kesiapan venue untuk Piala Dunia U-20 2023.

    Sejak akhir pekan lalu, PSSI beserta jajarannya memang melakukan inspeksi langsung ke setiap venue Piala Dunia U-20 2023. Stadion berkapasitas sekitar 46 ribu penonton itu jadi satu dari enam venue yang dipersiapkan.

    Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini menyebut masih banyak hal yang mesti dipersiapkan. Tetapi ia tak sungkan menyebut GBT sebagai salah satu yang paling layak untuk menggelar turnamen akbar tersebut.

    "Terus terang terharu. Dalam dua bulan terakhir, Pemerintah Daerah dan Pusat melakukan misi yang sungguh tidak mudah. Tetapi semuanya benar-benar serius mempersiapkan," bukanya.

    "Melihat kondisi hari ini, saya yakin ini adalah salah satu stadion terbaik di Indonesia. Tetapi tentu harus dimaksimalkan lagi fasilitas pendukungnya," sambung Erick.

    2 dari 4 halaman

    Rumput Lapangan Luar Biasa

    Walaupun masih ada beberapa catatan, pria berusia 52 tahun itu tampak puas dengan kualitas rumput lapangan GBT. Hal ini menunjukkan Jawa Timur layak jadi barometer sepak bola nasional.

    "Ini salah satu yang terbaik. Secara lapangan sepakbolanya, ini benar-benar sangat-sangat maksimal," tegasnya.

    "Jadi bagus juga, sepakbola tidak hanya terpusat di Jakarta saja. Tetapi juga di Jawa Timur karena punya fasilitas luar biasa  ini salah satunya berkat keseriusan dari pemerintah daerah," imbuhnya.

    3 dari 4 halaman

    Venue Tak Memenuhi Syarat Akan Dicoret

    Dalam kesempatan ini, pria asal Jakarta itu juga kembali mengingatkan ketegasan FIFA. Andai ada venue yang tak memenuhi syarat, induk federasi sepak bola tertinggi dunia tak segan-segan mencoretnya.

    Peristiwa tersebut sempat terjadi pada perhelatan Piala Dunia U-17 2019 lalu. Peru gagal mempersiapkan venue hingga batas waktu yang ditentukan hingga FIFA mengalihkan tuan rumah turnamen kepada Brasil.

    "Kita harus benar-benar serius mempersiapkan karena FIFA tak akan segan mencoret venue Piala Dunia," tandasnya.

    4 dari 4 halaman

    Daftar Peserta Piala Dunia U-20 2023

    Asia

    1. Indonesia

    2. Irak

    3. Uzbekistan

    4. Korea Selatan

    5. Jepang

     

    Afrika

    6. Nigeria

    7. Senegal

    8. Gambia

    9. Tunisia

     

    CONCACAF

    10. Republik Dominika

    11. Guatemala

    12. Honduras

    13. Amerika Serikat

     

    CONMEBOL

    14. Brasil

    15. Kolombia

    16. Ekuador

    17. Uruguay

     

    Oceania

    18. Fiji

    19. Selandia Baru

     

    Eropa

    20. Inggris

    21. Prancis

    22. Israel

    23. Italia

    24. Slovakia

    Video Populer

    Foto Populer