Sukses


    Piala Dunia U-20 2023 Tinggal 68 Hari Lagi, Erick Thohir Kritisi Rumput SUGBK Pasca-Konser BLACKPINK

    Bola.com, Jakarta - Ketua panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC), Erick Thohir menutup tur kunjungan ke enam stadion Piala Dunia U-20 dengan mendatangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada Senin (13/3) siang hingga sore WIB.

    Dalam kesempatan itu, secara khusus Erick Thohir meminta kepada Direktur Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo agar disiplin dalam menjaga proses persiapan, terutama kondisi lapangan karena rumput yang memprihatinkan menjelang Piala Dunia U-20 2023.

    "Kami sudah melihat satu per satu kondisi di enam lapangan, dan pemerintah pusat sudah mengambil alih sebagian pekerjaan untuk pemerintah daerah," ujar Erick Thohir.

    "Khusus di SUGBK, saya sudah bicara dengan Direktur PPKGBK apapun yang sudah dijalankan selama ini harus kita pertahankan sama-sama. Perbaikan rumput harus segera dijalankan."

    "Karena kondisi yang kritikal dan memprihatinkan. Ini mega lapangan di Indonesia yang sangat penting buat kejuaraan dunia," ungkap Erick Thohir.

    2 dari 6 halaman

    Permintaan Erick Thohir

    Erick Thohir mengatakan pemerintah daerah harus serius mempersiapkan venue sesuai kesepakatan dalam host city agreement dengan FIFA. Termasuk menjaga disiplin proses persiapan. Sehingga, ia mewanti-wanti soal tidak boleh lagi ada kegiatan dihelat di SUGBK.

    "Tidak ada lagi kegiatan di sini. Apakah kegiatan olahraga atau kegiatan kesenian, tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritikal dan rumputnya memprihatinkan," jelas Erick Thohir.

    "Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan perhelatan dunia. Saya rasa dengan kepala daerah, Direksi PPKGBK, kita pastikan solid. Apapun, kita harus pertahankan kondisi rumput terbaik untuk kejuaraan dunia yang sudah kita persiapkan selama ini," tuturnya.

    3 dari 6 halaman

    Konser Raisa dan BLACKPINK

    Sebelumnya, dalam proses pengerjaan renovasi SUGBK, stadion tersebut dipakai buat aktivitas konser. Penyanyi kondang Tanah Air, Raisa sempat menggelar konser di sana. Terakhir adalah konser girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK pada akhir pekan lalu.

    Meski pihak pengelola melakukan penutupan dengan karpet khusus yang didatangkan dari luar negeri untuk melindungi rumput lapangan, namun stadion ini mengalami penundaaan penjadwalan untuk proses penjahitan dengan rumput sintetis demi menjaga kekuatan akar.

    Jika sebelumnya SUGBK berada di urutan pertama penjahitan rumput, kini mundur ke urutan nomor empat. PSSI pun tak akan memakai SUGBK sebagai venue dua uji coba FIFA Matchday Timnas Indonesia pada 25 dan 28 Maret 2023 kontra Burundi.

    4 dari 6 halaman

    Tak Izinkan Pemakaian SUGBK

    Tim Merah-Putih rela mengalah demi kepentingan lebih besar, Piala Dunia U-20 bisa terselenggara dengan lancar.

    Setelah FIFA melakukan verifikasi akhir pada 21-27 Maret 2023, SUGBK rencananya sempat akan dipakai duel BRI Liga 1 2022/2023 yang mempertemukan Persija Jakarta kontra Persib Bandung pada 31 Maret 2023. Namun, Erick Thohir tidak mengizinkan.

    "Semua kegiatan kita batalkan, dan kita tidak membeda-bedakan, apakah kegiatan entertainment, olahraga, dan lainnnya. Semua tidak dimungkinkan lagi digelar SUGBK," ucap Erick Thohir.

    "Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal, apalagi di stadion ini akan digelar pembukaan," terang pria yang juga menjadi Ketua PSSI itu.

    5 dari 6 halaman

    Pagar Pembatas Dihilangkan dan Meningkatkan Akses Internet

    Selain itu, FIFA meminta pengelola SUGBK untuk meniadakan pagar pembatas antara bangku penonton terdepan dengan lapangan pertandingan, mencontoh stadion-stadion berstandar FIFA di Eropa.

    FIFA dan pengelola stadion setempat memperbaiki beberapa posisi tempat duduk penonton agar bisa melihat pertandingan dengan lebih jelas.

    Sedangkan untuk ruang pusat media, PPKGBK akan menambahkan kecepatan sambungan internet agar informasi tersiar lebih cepat tanpa gangguan. Di area ini juga dipersiapkan dua lapangan latihan yaitu A dan B, di mana keduanya sudah berstandar internasional dan mudah diakses tim-tim yang bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

    6 dari 6 halaman

    Tur Stadion

    Selama tiga hari terakhir, Erick Thohir didampingi didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Essy Asiah, serta jajaran pengurus PSSI dan LOC pada meninjau kesiapan enam kota calon penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 pada 11-13 Maret 2023.

    Sebelum ke Jakarta, rombongan mendatangi Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

    Video Populer

    Foto Populer