Sukses


    FIFA Akan Tetapkan Format Baru Piala Dunia 2026: Dijamin Bisa Cegah Sepak Bola Gajah

    Bola.com, Jakarta - Badan sepak bola dunia atau FIFA akan menyetujui revisi format kompetisi Piala Dunia 2026. Sejumlah perubahan disertakan dan diklaim bisa mencegah sepak bola gajah alias pengaturan skor.

    Piala Dunia 2026 akan berisikan 48 tim, bertambah 16 dari sedianya 32 negara saja. Tentu dengan bertambahnya jumlah peserta mengharuskan adanya perubahan format.

    Sedianya, Piala Dunia 2026 yang digelar di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada itu bakal terbagi ke dalam 16 grup, di mana tiap grup berisikan tiga negara. Dua tim terbaik kemudian maju ke babak 32 besar.

    Hanya saja, selain dianggap menghilangkan keseruan kompetisi, format seperti demikian rentan 'sepak bola gajah'. Kejadian itu pernah terjadi pada Piala Dunia 1982.

     

    2 dari 3 halaman

    Jadi 12 Grup

    Pada Piala Dunia 2022 dan beberapa edisi sebelumnya, kompetisi sepak bola antarnegara tertinggi ini berisikan delapan grup dengan masing-masing empat tim.

    FIFA akan mengubah jumlah peserta menjadi 48, dan akan ada 12 grup. Dua tim terbaik masing-masing grup berhak lolos ke fase berikutnya, dan delapan best third-placed alias peringkat tiga terbaik akan maju.

    Dengan demikian, dari 48 peserta, akan ada 32 tim yang melaju ke fase gugur.

    Selain itu, sejak laga pertama hingga final, bakal ada 80 pertandingan, dengan rincian 60 digelar di Amerika Serikat, 10 di Meksiko, dan 10 lainnya di Kanada.

    3 dari 3 halaman

    Saksikan Piala Dunia U-20 Eksklusif di Emtek

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer