Sukses


    Polda Bali Bakal Turunkan 2 Ribu Personel untuk Amankan Piala Dunia U-20 2023

    Bola.com, Denpasar - Polda Bali akan bergerak maksimal untuk pengamanan Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang. Setidaknya ada 2.716 personel yang diturunkan untuk mengamankan Piala Dunia U-20.

    Jumlah personel itu diungkapkan Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Bali Kombes Pol. Nuryanto. Nantinya seluruh personel akan ditempatkan di zona 2 dan 3.

    Zona ini berada di sekitar area Stadion Kapten I Wayan Dipta. Perlu diketahui, zona 1 akan ditempati oleh steward dan berada di dalam area stadion ketika Piala Dunia U-20 2023 berlangsung.

    "Zona 2 itu dari pihak kepolisian. Kalau zona 3 adalah akses menuju pintu masuk, lahan parkir, dan akses peserta mulai dari pemain, official, suporter dan penonton. Semua personel dari Polda Bali, tidak ada dari Mabes," bebernya.

     

    2 dari 5 halaman

    Memasang CCTV

    Untuk CCTV di kawasan Stadion Dipta, nantinya ada 72 CCTV yang akan terpasang. Jumlah tersebut adalah hasil analisis saat Risk Assessment Manajemen yang dilakukan Mabes Polri beberapa waktu lalu.

    Hingga sekarang menurutnya, baru 40 CCTV yang sudah terpasang. "40 CCTV ini, dipasang di zona 1," jelas Nuryanto.

    Kantong parkir di Stadion Kapten I Wayan Dipta cukup terbatas. Mungkin jika terisi penuh, bisa kurang 100 mobil yang bisa terparkir di area stadion.

    Solusi yang ideal adalah rekayasa lalu lintas. Disamping itu, shuttle bus menjadi salah satu opsi untuk suporter.

    Namun untuk shuttle bus ini masih dalam tahap pembahasan dan tergantung oleh Pemprov Bali. Apakah bersedia menyediakan atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar kantong parkir seperti biasa akan membludak di pinggir jalan By Pass Buruan.

     

    3 dari 5 halaman

    Tergantung Pemprov Bali

    Soal masalah shuttle bus, Nuryanto menjelaskan jika Pemprov Bali yang akan menentukannya.

    "Nanti yang menentukan apakah suporter dari Denpasar dan sekitarnya ke stadion menggunakan shuttle atau tidak, tergantung dari Pemprov Bali," bebernya.

    "Mungkin bisa seperti itu untuk mengurangi kepadatan arus," tambahnya.

     

    4 dari 5 halaman

    Simulasi Dilakukan pada April

    Yang jelas, simulasi pengamanan akan dilakukan pada April mendatang. Mulai dari simulasi rekayasa lalu lintas hingga pengamanan perimeter di stadion.

    Ia tidak ingin adanya kerumunan ketika suporter dan tim yang bertanding tiba bersamaan.

    "Nanti semuanya simulasi Apri. Kami akan buat simulasi sementara. Nanti disiapkan juga jalur sendiri untuk pintu pemain, penonton, dan suporter,” tutupnya.

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia U-20 2023 di EMTEK Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer