Sukses


    4 Fakta Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia Lawan Burundi: Menanti Debut Riko Simanjuntak di Era Shin Tae-yong

    Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal berlaga di FIFA Matchday pada Maret 2023. Skuad Garuda akan menghadapi Burundi dalam dua pertandingan yang berlangsung pada 25 Maret dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

    Pelatih Shin Tae-yong telah merilis 28 nama yang mengisi skuad Merah Putih. Pro dan kontra pun langsung menyeruak setelah daftar ini dirilis ke publik. Sebagian mendukung keputusan pelatih asal Korea Selatan itu, meski tetap memanggil pemain yang penampilannya kurang nendang di kompetisi domestik.

    Sebagian lain menilai uji coba Internasional ini kesempatan untuk melihat potensi pemain lain. Walau begitu, sejatinya ada cukup banyak kejutan dari daftar pemain yang dipanggil pelatih yang akrab disapa STY tersebut.

    Berikut beberapa fakta menarik tentang Timnas Indonesia menjelang FIFA Matchday yang dirangkum oleh Bola.com.

     

    2 dari 5 halaman

    Kembalinya Riko Simanjuntak

    Secara penampilan, Riko Simanjuntak layak diganjar dengan panggilan ke Timnas Indonesia. Permainannya sepanjang musim ini berhasil menginspirasi Persija Jakarta melewati masa-masa sulit.

    Panggilan ini juga jadi yang pertama bagi pemain asal Pematangsiantar ini di era STY. Ia terakhir kali mendapatkan tugas negara pada September 2019.

    Saat itu, Indonesia menghadapi Vietnam di depan pendukungnya sendiri pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Walau timnya kalah 1-3, pria yang kini berusia 31 tahun itu menyumbangkan assist untuk gol hiburan Irfan Bachdim.

     

    3 dari 5 halaman

    Shin Tae-yong Borong Pemain Persija

    Manajemen Persija Jakarta mungkin kesal setelah PSSI merilis daftar pemain untuk FIFA Matchday Maret. Saat tengah mengejar PSM Makassar di puncak klasemen, kekuatan mereka seolah diberedel.

    Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak, Syahrian Abimanyu, Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferarri, dan Hansamu Yama dipastikan absen saat Persija menghadapi Persita Tangerang, (28/3/2023).

    Kompetisi BRI Liga 1 2022/23 memang libur bagi mayoritas klub. Tetapi hal ini tak berlaku bagi klub yang memiliki partai tunda, termasuk klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

     

    4 dari 5 halaman

    3. Sayuri Bersaudara Tembus Timnas Indonesia

    Berada di singgasana klasemen, membuat banyak pemain PSM dilirik oleh Shin Tae-yong. Tak hanya Ramadhan Sananta, Dzaky Asraf dan Yakob Sayuri, pelatih berusia 52 tahun itu juga kepincut dengan permainan Yance Sayuri.

    Adik kandung yang juga merupakan saudara kembar dari Yakob Sayuri tersebut memang menunjukkan performa konsisten bersama Juku Eja. Apalagi, ia memiliki kemampuan bermain di beragam posisi seperti bek tengah, bek sayap, hingga winger.

    Keberadaan duo Sayuri ini juga merupakan era baru pemain kembar di Timnas Indonesia. Sebelumnya, ada Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi yang tampil solid di tim kelompok umur.

     

    5 dari 5 halaman

    Marselino Ferdinan Out, Shayne Pattynama In

    Konflik antara Timnas Indonesia dengan KMSK Deinze sepertinya belum reda. Marselino Ferdinan yang tengah menimba ilmu di Belgia, kembali dilewatkan oleh STY pada pertandingan FIFA Matchday kali ini.

    Walau begitu, Timnas Indonesia tak kekurangan pemain yang bermain di luar negeri untuk saat ini. Shayne Pattynama yang berkarier bersama Viking FK di Norwegia masuk sebagai penggantinya.

    Kehadirannya tentu akan menambah persaingan di pos bek kiri yang biasa dihuni Pratama Arhan. Ini juga jadi kesempatannya mendapatkan debut bersama Timnas Indonesia setelah menjalani proses naturalisasi beberapa waktu lalu. 

    Video Populer

    Foto Populer