Sukses


    Piala Dunia U-20 2023 Tinggal 2 Bulan Lagi, Naturalisasi 3 Pemain Keturunan Timnas Indonesia U-20 Bisa Kelar Tepat Waktu?

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-20 2023 tinggal dua bulan lagi. PSSI berkejaran dengan waktu untuk menuntaskan proses naturalisasi tiga pemain keturunan asal Belanda buat Timnas Indonesia U-20.

    Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 masih jalan di tempat.

    Proses perpindahan kewarganegaraan ketiganya dari Belanda menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) baru akan dibahas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada 20-21 Maret 2023.

    Pada periode itu, Komisi X dan Komisi III DPR akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan rapat paripurna dengan Hubner, Jenner, dan Struick.

    2 dari 5 halaman

    Sejumlah Tahap Terakhir

    Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali masih yakin bahwa naturalisasi ketiganya dapat rampung dalam waktu dekat. Mengapa demikian?

    Setelah RDP dan rapat paripurna tuntas, proses naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick berlanjut dengan penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Jokowi.

    Selanjutnya, ketiganya akan menjalankan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

    3 dari 5 halaman

    Ungkapan Zainudin Amali

    "Setelah diputuskan pada rapat paripurna 21 Maret 2023, kan proses legislatifnya sudah selesai," imbuh Amali.

    "Tinggal kemudian diantarkan ke Presiden, lalu tanda tangan, dan terakhir mereka diambil sumpah," ungkapnya.

    Sesudah menjadi WNI, ketiganya masih belum bisa membela Timnas Indonesia U-20. PSSI perlu mengajukan perpindahan federasi Hubner, Jenner, dan Struick dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA.

    4 dari 5 halaman

    Pergantian Federasi

    Pergantian federasi itu mesti kelar sebelum penutupan pendaftaran skuad Piala Dunia U-20 2023 yang kemungkinan diberlakukan sekitar sepekan sebelum turnamen dimulai.

    "Saya tidak tahu kapan batas akhirnya. Mereka mesti didaftarkan. Lalu juga ada proses perpindahan federasi," tutur Amali.

    "Kami upayakan secepatnya. Kami sudah berpengalaman untuk melakukan itu," ucap Amali, yang baru saja mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI itu.

    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia U-20 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer