Sukses


    5 Fakta Victor Dethan, Winger Blasteran Kanada yang Bakal Jadi Andalan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023

    Bola.com, Jakarta - Nama Victor Dethan masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Skuad tersebut diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023.

    Menariknya, Victor Dethan merupakan salah satu pemain keturunan yang dipanggil Shin Tae-yong. Total, ada 7 peranakan dalam skuad Timnas Indonesia U-20.

    Meski berdarah campuran, Victor Dethan bukanlah pemain hasil naturalisasi. Dia lahir dan besar di Indonesia, sehingga sejak kecil sudah berstatus warga negara Indonesia.

    Untuk mengetahui lebih jauh sosok Victor Dethan, berikut 5 fakta yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya.

    2 dari 7 halaman

    Berdarah Kanada

    Victor Dethan lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 11 Juli 2004. Kini, pemain bernama lengkap Victor Jonson Benjamin Dethan berusia 18 tahun.

    Victor Dethan merupakan pemain berdarah Kanada. Ibunya yang berasal dari negara di Amerika Utara tersebut, sementara ayahnya asli Kupang.

    Lahir di Kupang, Victor Dethan tumbuh dan besar di Malang, Jawa Timur. Sehingga statusnya merupakan warga Negara Indonesia (WNI).

    3 dari 7 halaman

    Jebolan Akademi PSM

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Victor Dethan (@victordethan777)

    Victor Dethan merupakan jebolan akademi PSM Makassar. Dia bergabung dengan tim muda Juku Eja sejak tahun 2019 mulai dari PSM U-16 hingga PSM U-18.

    Pada awal tahun 2023, Victor Dethan mendapatkan kesempatan promosi ke tim senior. Bahkan, dia menjalani debut dengan PSM Makassar pada 29 Juli 2022.

    Sebelum bergabung dengan akademi PSM Makassar, Victor Dethan lebih dulu menggeluti futsal. Dia mengikuti turnamen futsal sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

    4 dari 7 halaman

    Bermain di BRI Liga 1

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Victor Dethan (@victordethan777)

    Victor Dethan cukup beruntung bisa merasakan atmosfer Liga 1 meski usianya masih 18 tahun. Dia sudah sering dimainkan oleh PSM Makassar pada kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia itu.

    Victor Dethan tampil pertama kali di BRI Liga 1 2022/2023 dalam duel PSM Makassar vs Bali United pada 29 Juli 2022. Kala itu, Juku Eja menang dengan skor 2-0.

    Secara keseluruhan, Victor Dethan sudah bermain sebanyak 15 kali hingga pekan ke-31 BRI Liga 1 musim ini. Dia juga sudah menyumbang satu assist untuk PSM.

    5 dari 7 halaman

    Didaftarkan di AFC Cup

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Victor Dethan (@victordethan777)

    Victor Dethan sebenarnya hampir merasakan atmosfer kompetisi antar klub di Asia. Pemain kelahiran Kupang tersebut pernah didaftarkan PSM untuk ajang AFC Cup 2022.

    Sayangnya, Victor Dethan tak pernah dimainkan oleh Bernardo Tavares. Dia dua kali menjadi pemanas bangku cadangan dalam laga melawan Kedah dan Kuala Lumpur.

    Pada ajang tersebut, PSM Makassar mampu menembus babak final zona ASEAN. Namun, Juku Eja gagal lolos ke babak berikutnya setelah takluk 2-5 dari Kuala Lumpur.

    6 dari 7 halaman

    Pernah Dilirik Bima Sakti

    Meski berstatus debutan dalam skuad asuhan Shin Tae-yong, Victor Dethan sebenarnya sudah pernah dipanggil timnas. Dia pernah dilirik Bima Sakti untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16.

    Victor Dethan dua kali dipanggil oleh Bima Sakti untuk pemusatan latihan persiapan Piala Asia U-16 2021. Akan tetapi, dia baru bisa bergabung ke pemanggilan kedua karena dia sempat dibekap cedera.

    Sayangnya, keinginan Victor Dethan membela Timnas Indonesia U-16 kandas. Sebab, Piala Asia U-16 2021 batal digelar karena pandemi Covid-19.

    Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Asad Arifin, 21/3/2023)

    7 dari 7 halaman

    Saksikan Piala Dunia U-20 Eksklusif di Emtek

    Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer