Sukses


    6 Kiper yang Sukses Raih Sarung Tangan Emas di Piala Dunia U-20, Ada Penjaga Gawang Real Madrid

    Bola.com, Jakarta - Sejauh ini sudah ada enam penjaga gawang yang sukses meraih penghargaan golden glove atau sarung tangan emas di Piala Dunia U-20. Satu di antara kiper itu adalah pemain Real Madrid.

    Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung di Indonesia. Gelaran tersebut akan dihelat di enam kota di Indonesia, mulai dari 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

    Setiap edisi Piala Dunia U-20 biasanya melahirkan talenta-talenta hebat. Itu termasuk para pemain yang bermain di posisi sebagai kiper.

    Penampilan apik sejumlah kiper kerap menjadi kunci kesuksesan tim di Piala Dunia U-20. Para kiper terbaik yang berlaga di turnamen tersebut bakal dianugerahi penghargaan sarung tangan emas.

    Adapun, penghargaan sarung tangan emas baru pertama kali diberikan pada edisi Piala Dunia U-20 2009 di Mesir. Sejak saat itu, ada enam kiper yang pernah meraihnya. Siapa saja mereka?

     

    2 dari 8 halaman

    Andriy Lunin

    Andriy Lunin tampil impresif di turnamen Piala Dunia U-20 2019 bersama Timnas Ukraina. Dia berhasil membawa negaranya menjadi juara di Polandia.

    Lunin begitu kukuh dalam menjaga gawang Ukraina. Terbukti, kiper Real Madrid tersebut hanya kebobolan satu gol sepanjang turnamen.

    Pada partai final, Ukraina berhadapan dengan Korea Selatan. Laga itu dimenangkan Ukraina dengan skor 3-1.

     

    3 dari 8 halaman

    Freddie Woodman

    Freddie Woodman merupakan kiper asal Inggris. Dia dinobatkan sebagai kiper terbaik di Piala Dunia U-20 edisi 2017 yang dihelat di Korea Selatan.

    Woodman berhasil mengantarkan Inggris menjadi juara pada turnamen ini. The Three Lions mengalahkan Venezuela di partai final dengan skor 1-0.

    Kegemilangan Woodman bisa terlihat di partai final ini. Kiper yang saat ini bermain di Preston North End itu berhasil menggagalkan tendangan penalti pemain Venezuela.

     

    4 dari 8 halaman

    Predrag Rajkovic

    Serbia berhasil menjadi juara di Piala Dunia U-20 pada 2015. Sang kapten Predrag Rajkovic sukses meraih penghargaan sarung tangan emas sebagai kiper terbaik.

    Pada turnamen di Selandia Baru tersebut, Rajkovic merupakan kapten Serbia. Gawangnya kemasukan empat gol.

    Rajkovic juga tampil heroik di babak perempat final. Kiper yang kini bermain Mallorca tersebut menepis dua tendangan pemain Amerika Serikat dalam adu penalti.

     

    5 dari 8 halaman

    Guillermo de Amores

    Guillermo De Amores dinobatkan menjadi kiper terbaik di Piala Dunia U-20 2013 di Turki. Alhasil, dia berhak membawa pulang penghargaan sarung tangan emas.

    De Amores berhasil membawa Uruguay tampil di final. Sayagnnya, La Celeste gagal menjadi juara.

    Di partai final, Uruguay berhadapan dengan Prancis. Mereka harus mengakui keunggulan Les Bleus dalam adu penalti.

     

    6 dari 8 halaman

    Mika

    Mika adalah kiper utama Portugal di Piala Dunia U-20 2011 di Kolombia. Dia membantu negaranya mencapai final tanpa kebobolan satu gol pun.

    Sayangnya, Portugal gagal menjadi juara pada turnamen tersebut. Mereka menelan kekalahan dari Brasil dengan skor 2–3.

    Di perempat final melawan Argentina, Mika menggagalkan tiga penalti dalam adu penalti. Akhirnya, dia terpilih sebagai kiper terbaik di turnamen tersebut.

     

    7 dari 8 halaman

    Esteban Alvarado

    Esteban Alvarado merupakan kiper pertama yang meraih penghargaan sepatu emas Piala Dunia U-20. Dia menjadi kiper terbaik pada turnamen yang berlangsung di Mesir pada 2009.

    Alvarado berhasil membawa Kosta Rika hingga menembus babak semifinal. Sayangnya, mereka tak bisa ke final karena harus mengakui keunggulan sang juara Brasil.

    Pada perebutan tempat ketiga, Kosta Rika lag-lagi menelan kekalahan. Mereka kalah adu penalti melawan Hungaria.

    Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 25/03/2023)

    8 dari 8 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia U-20 2023 di EMTEK Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer