Sukses


    Drawing Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar, Ketua Asprov PSSI Bali: Semoga Segera Ada Solusi Terbaik

    Bola.com, Denpasar - FIFA resmi membatalkan penyelenggaraan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar di Bali, tepatnya di Gedung Ksirarnawa Taman Werdhi Budaya Art Center pada Jumat (31/3/2023) mendatang.

    Ancaman pun bisa menghampiri persepakbolaan Indonesia. Salah satu yang terberat adalah sanksi dan dikucilkannya Indonesia dari peta persepakbolaan dunia oleh FIFA.

    Dari pernyataan Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga di Jakarta pada Minggu (26/3/2023), alasan FIFA membatalkan pengundian babak penyisihan Piala Dunia U-20 2023 karena penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap keikutsertaan Timnas Israel U-20.

    Ancaman sanksi inilah yang ditakutkan oleh Ketua Asprov PSSI Bali, I Ketut Suardana.

    "Kalau misalnya Indonesia terkena sanksi dari FIFA, akibatnya begitu luar biasa. Persepakbolaan Indonesia akan mengalami kemunduran luar biasa. Masak harus main tarkam lagi?," terangnya ketika dihubungi pada Minggu (26/3/2023).

    2 dari 5 halaman

    Dampaknya Luas

    Jika ada sanksi yang diberikan oleh FIFA lanjut Suardana, segala bentuk investasi yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk kemajuan sepak bola Indonesia saat ini akan sirna begitu saja.

    Banyak pihak yang menggantungkan hidup dari sepak bola. Mulai dari pemain, investor, hingga sektor UMKM.

    "Semua pada akhirnya kena imbasnya," tegas Suardana.

    3 dari 5 halaman

    Harapan Besar

    Pihaknya berharap pemerintah termasuk PSSI bisa mencari solusi terbaik agar Piala Dunia U-20 2023 dapat terlaksana dengan lancar.

    "Perlu digarisbawahi, saya tidak menghakimi siapa-siapa. Saya hanya berharap semua pihak mencari solusi terbaik dan memberikan keyakinan kepada FIFA bahwa kita tidak akan terpengaruh dengan gejolak politik di Indonesia,” lanjut Suardana.

    4 dari 5 halaman

    Alat Persatuan

    I Ketut Suardana menambahkan, bahwa sepak bola seharusnya bisa menjadi jembatan untuk mempersatukan negara-negara yang ada di dunia.

    "Sepak bola itu begitu kompleks dan pengaruhnya begitu luar biasa di dunia. Ini yang harus dipahami oleh semua pihak. Sepak bola bisa mempersatukan bangsa-bangsa di dunia," jelasnya.

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Piala Dunia U-20 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer