Sukses


    Jurnalis Kawakan Italia: Indonesia Dibayangi Sanksi FIFA Beberapa Tahun Gara-gara Polemik Piala Dunia U-20 2023

    Bola.com, Roma - Jurnalis kawakan Italia, Gianluca Di Marzio, memperkirakan bahwa Indonesia akan mendapatkan sanksi berat dari FIFA jika tidak dapat mengakomodasi Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

    PSSI baru saja mengabarkan bahwa FIFA memutuskan untuk tidak jadi menggelar pengundian babak penyisihan Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya berlangsung di Bali pada 31 Maret 2023.

    Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa langkah yang diambil FIFA itu seiring dengan penolakan Gubernur Bali, I Wayan Koster terhadap kemungkinan Israel U-20 ditempatkan di Pulau Dewata selama Piala Dunia U-20 2023.

    Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 mendapatkan perhatian dari Di Marzio mengingat Timnas Italia U-20 turut menjadi peserta dalam turnamen dua tahunan tersebut.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Narasi Gianluca Di Marzio

    "Indonesia kini menghadapi sanksi yang sangat tinggi dan bahkan dilarang mengikuti turnamen FIFA selama beberapa tahun ke depan," tulis Di Marzio di situsnya.

    "Tanggapan dari FIFA diharapkan muncul dalam beberapa jam ke depan mengenai kemungkinan perubahan tuan rumah apakah akan tetap bertahan atau menunda," ulas Di Marzio.

    Pada pemberitaan di lamannya, Di Marzio juga mengutip narasi di laman PSSI terkait pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023. "Dalam siaran persenya, PSSI mencantumkan sederet konsekuensi yang bisa terjadi," imbuh Di Marzio.

    3 dari 5 halaman

    Pernah Di-banned FIFA

    Indonesia pernah dijatuhi sanksi dari FIFA selama setahun akibat intervensi pemerintah kepada PSSI pada 2015-2016. Buntut dari banned itu bikin kompetisi dalam negeri terhenti sampai Timnas Indonesia dikucilkan dalam pergaulan internasional.

    Sementara itu, Arya Sinulingga memastikan bahwa Ketua PSSI, Erick Thohir akan melakukan segala cara untuk mempertahankan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

    Beredar kabar bahwa Argentina, Qatar, dan Peru mengintip peluang untuk menggantikan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 jika FIFA menghendaki.

    4 dari 5 halaman

    Erick Thohir Kerahkan Segala Cara

    "Erick Thohir juga akan melaporkan ke Presiden Jokowi dan mencari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia," ujar Arya.

    "Kami berharap dan memohon kepada semua pencinta sepak bola Indonesia yang mau sepak bola kita maju untuk tetap tenang."

    "Kami mencoba untuk mencari solusi dan bisa berbicara dengan FIFA dalam waktu dekat. Sebab, kami khawatir dikucilkan dari ekosistem sepak bola dunia," imbuh Arya.

    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia U-20 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer