Sukses


    Pemerintah Indonesia Berharap FIFA Melunak dan Venue Piala Dunia U-2023 Tidak Berubah

    Bola.com, Jakarta - Indonesia harap-harap cemas soal nasib dan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pembatalan sebagai tuan rumah sedang dalam ancaman, seiring dibatalkannya drawing untuk babak penyisihan.

    FIFA mengambil langkah untuk tidak jadi menggelar drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023 akibat penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster terhadap keikutsertaan Timnas Israel U-20.

    Kabar terbaru, dua negara Amerika Latin, yakni Argentina dan Peru siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 untuk menggantikan Indonesia. Begitu juga Qatar yang sudah suskses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 juga siap mengambil alih.

    Kini Indonesia melalui PSSI akan berkonsultasi langsung dengan FIFA untuk memastikan status dan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 agar tidak mengalami perubahan. Begitu juga dengan besarnya harapan pemerintah Indonesia agar FIFA dapat melunak.

    2 dari 5 halaman

    Dapat Memahami Alasan Indonesia

    Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy berharap FIFA dapat memahami alasan Indonesia menolak kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 2023. Terlebih, penolakan ini berkaitan dengan konstitusi Indonesia.

    "Mudah-mudahan ada titik temu. Paling tidak FIFA memahami posisi Indonesia dalam konteks ini. Jadi ini bukan soal ditolak atau diprotes, bukan itu. Tapi ini berkaitan dengan itu, konstitusi itu," beber Muhadjir Effendy seperti dilansir dari Liputan6.com, Senin (27/3/2023).

    3 dari 5 halaman

    Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023

    Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA membatalkan drawing atau pengundian Piala Dunia U-20 di Bali pada Sabtu pagi, 25 Maret 2023. Akan tetapi, FIFA belum memberikan surat resmi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

    Drawing untuk mengundi peserta di babak penyisihan grup Piala Dunia U-20 2023 direncanakan berlangsung di Bali pada 31 Maret 2023. Akan tetapi, penolakan untuk menerima Timnas Israel yang disampaikan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Pemerintah Provinsi Bali berdampak terhadap drawing di Bali.

    Padahal sebelumnya tempat untuk kegiatan pengundian Piala Dunia U-20 2023 telah disiapkan di Gedung Ksirarnawa. Bahkan Pemerintah Provinsi Bali juga menata Taman Budaya, Art Center.

    4 dari 5 halaman

    Temui FIFA

    Upaya keras dilakukan Indonesia agar penyelenggaran Piala Dunia U-20 2023 tetap digelar sesuai jadwal tanpa ada perubahan. Muhadjir menyebut Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan menemui FIFA untuk membahas hal tersebut pada Rabu (29/3/2023).

    "Belom sampai itu (soal posisi Indonesia sebagai tuan rumah). Ini masih ada pembicaraan, saya rasa Pak Erick akan segera ke Zurich untuk konsultasi lebih lanjut dengan FIFA,” jelas Muhajdir Effendy.

    Disadur dari: Liputan6.com (Putu Merta Surya Putra, published 27/3/2023)

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Piala Dunia U-20 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer