Sukses


    Pertanyakan Komitmen Indonesia soal Piala Dunia U-20 2023, Media Prancis Bawa-Bawa Sanksi FIFA hingga Tragedi Kanjuruhan

    Bola.com, Paris - Media ternama Prancis, France24, turut mengabarkan pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang awalnya akan digelar di Bali. Mereka mempertanyakan komitmen Indonesia sebagai tuan rumah.

    FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 buntut dari adanya penolakan secara masif terhadap Timnas Israel yang terjadi di Indonesia. Awalnya, drawing akan dilakukan di Bali pada Jumat (31/3/2023).

    Namun, Gubernur Bali I Wayan Koster secara terang-terangan menolak keikutsertaan Timnas Israel pada turnamen tersebut. FIFA kemudian mengambil langkah tegas dengan membatalkan pengundian Piala Dunia U-20 2023.

    "Pengundian Piala Dunia U-20 di Indonesia telah dibatalkan kata pernyataan resmi. Beberapa hari setelah Gubernur Bali menyerukan agar Israel dikeluarkan dari turnamen tersebut," tulis France24.

    2 dari 5 halaman

    Alasan Penolakan

    France24 kemudian menjabarkan alasan penolakan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 2023. Menurut mereka, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan mendukung perjuangan Palestina.

    "Kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik formal dan dukungan untuk perjuangan Palestina di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia ini sangat tinggi," jelas mereka.

    "Sehingga memicu penolakan secara lokal untuk menjadi tuan rumah buat tim Israel," tegas berita tersebut.

    3 dari 5 halaman

    Sanksi dan Tragedi

    Selain itu, France24 juga mengingatkan kembali soal sanksi FIFA yang diterima Indonesia pada 2015. Kemudian mereka juga menyebut Indonesia berusaha menggelar Piala Dunia U-20 di tengah bayang-bayang Tragedi Kanjuruhan.

    "Indonesia juga menjadi tuan rumah turnamen ini di bawah bayang-bayang salah satu bencana stadion terburuk dalam sejarah olahraga ini yang menewaskan 135 orang dalam penyerbuan stadion di Jawa Timur pada Oktober," jelas mereka.

    "Pihak berwenang telah mencoba untuk perlahan-lahan membangun kembali posisi negara itu setelah FIFA menangguhkannya dari sepak bola internasional pada 2015 selama setahun, karena campur tangan pemerintah dalam asosiasi domestik," tutup berita tersebut.

    4 dari 5 halaman

    Daftar Peserta Piala Dunia U-20 2023

    1. Indonesia (tuan rumah)
    2. Republik Dominika
    3. Guatemala
    4. Honduras
    5. Amerika Serikat
    6. Kepulauan Fiji
    7. Selandia Baru
    8. Inggris
    9. Prancis
    10. Israel
    11. Italia
    12. Slovakia
    13. Brasil
    14. Uruguay
    15. Kolombia
    16. Ekuador
    17. Gambia
    18. Nigeria
    19. Senegal
    20. Tunisia
    21. Irak
    22. Uzbekistan
    23. Korea Selatan
    24. Jepang
    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia U-20 2023 di Emtek Group

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer