Sukses


    BREAKING NEWS! Pernyataan Tegas Presiden Jokowi Terkait Piala Dunia U-20 2023: Jangan Campurkan Politik dengan Olahraga

    Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara terkait keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan jangan mencampurkan politik dengan olahraga.

    Dalam dua hari terakhir status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 berada di ujung tanduk. Penyebabnya karena penolakan masif dari sejumlah kalangan terkait keikutsertaan Timnas Israel U-20.

    FIFA menganggap situasi tersebut sangat serius sampai harus membatalkan drawing yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

    Bahkan, belakangan mulai muncul kabar FIFA telah mengalihkan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia ke Peru.

     

    2 dari 4 halaman

    Pernyataan Presiden Jokowi

    Setelah menjadi perbincangan panas, Presiden Jokowi menegaskan akan tetap menjamin keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Menurut presiden harus dipisah antara politik dengan olahraga.

    "Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitanya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan Palestina sangat kukuh dan kuat dalam urusan Piala Dunia U-20," ujar Presiden Jokowi.

    "Kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia jika FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dan urusan politik," sambungnya.

     

    3 dari 4 halaman

    Solusi Terbaik

    Mantan Wali Kota Solo tersebut menambahkan pemerintah dan PSSI masih terus berupaya mencari solusi terbaik terkait perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Presiden Jokowi pun sudah mengutus Ketua PSSI, Erick Thohir, untuk bertemu FIFA.

    "Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, tetapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik," ujar Jokowi.

    "Untuk itu saya telah mengutus Ketua PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan FIFA mencari penyelesaian yang terbaik," lanjutnya.

    4 dari 4 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia U-20 di EMTEK Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer