Sukses


    3 Negara yang Pernah Batal Gelar Piala Dunia U-20 karena Situasi Politik dan Wabah Penyakit: Indonesia Jangan Ikutan!

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-20 2023 masih jadi tanda tanya. Jika batal terlaksana, maka Indonesia akan jadi negara keempat yang pernah gagal menggelar turnamen yang jadi panggung bagi wonderkid itu.

    Ketidakpastian perihal Piala Dunia U-20 tak lepas dari keputusan FIFA membatalkan official drawing yang sedianya digelar di Bali pada Jumat (31/32023).

    Meski belum diketahui secara pasti apa alasan FIFA membatalkan drawing, ditengarai hal tersebut disebabkan oleh alasan 'keamanan' menyusul penolakan dari berbagai instansi kepemerintahan dan lembaga-lembaga lainnya.

    Secara garis besar, penolakan terjadi karena keberadaan Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 2023. Padahal semestinya, seperti diutarakan Presiden Joko Widodo, olahraga tidak boleh dicampur dengan politik.

    Ya, situasi politik pernah membuat sejumlah negara batal menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Tak cuma dilema tersebut saja, wabah penyakit ternyata pernah jadi penyebabnya.

     

    2 dari 5 halaman

    Nigeria - 1991 dan 1995

    Apes betul nasib Nigeria. Setelah gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 pada 1991, negara Afrika tersebut kembali bernasib serupa pada edisi 1995.

    Pada Piala Dunia U-20 1991, FIFA mencabut hak Nigeria untuk menggelar turnamen yang dulunya bernama FIFA Youth World Cup karena alasan unik: nyolong umur.

    Nigeria ketahuan memalsukan umur pemainnya yang berlaga pada Piala Dunia U-20 1989. Atas hal tersebut, FIFA membatalkan edisi 1991 dan mengganti venue ke Portugal

    Kemudian pada 1995, Nigeria kembali gagal menggelar Piala Dunia U-20 karena wabah penyakit meningitis yang melanda seluruh pelosok negeri. FIFA pun memindahkannya ke Qatar.

     

    3 dari 5 halaman

    Yugoslavia - 1993

    Yugoslavia sejak dulu dikenal sebagai penghasil wonderkid. Sayang, negara pecahan Uni Soviet yang pecah lagi menjadi beberapa negara Balkan itu dahulu sering terlibat perang.

    Sepak bola seharusnya menjadi alat untuk mempersatukan negara tersebut. Tetapi perang saudara membuat segalanya tinggal kenangan.

    Karena perang itu juga, Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di sana gagal digelar. Situasi politik yang mencekam membuat FIFA memutuskan untuk memindahkan venue ke Australia, jauh di pasifik sana.

     

    4 dari 5 halaman

    Irak - 2003

    Politik lagi-lagi membuat sepak bola berantakan. Pada 2003, mimpi Irak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 urung terlaksana.

    FIFA awalnya sangat yakin bahwa Irak adalah lokasi paling tepat buat hajatan Piala Dunia U-20. Namun sayang, situasi politik luar negeri membuat rencana tersebut buyar.

    Invasi Amerika Serikat 20 tahun lalu di Irak mau tak mau memaksa FIFA memindahkan venue ke lokasi yang tak jauh, tepatnya di Uni Emirat Arab.

    Sumber: Berbagai sumber

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Piala Dunia U-20 Eksklusif di Emtek

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer