Sukses


    Pemkot Surabaya Bakal Koordinasi dengan Persebaya soal Stadion GBT untuk Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Surabaya - Kota Surabaya siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Meski belum ada penunjukan resmi, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, akan menyiapkan fasilitas di kotanya untuk menunjang turnamen itu.

    Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, sempat menjalani renovasi untuk Piala Dunia U-20 2023 yang batal digelar di Indonesia. Tentu saja, stadion berkapasitas lebih dari 40 ribu penonton itu siap untuk digunakan.

    Masalahnya, Stadion GBT kini berstatus sebagai markas Persebaya Surabaya. Klub berjulukan Bajul Ijo itu juga sedang berkiprah di BRI Liga 1 2023/2024.

    Adapun Piala Dunia U-17 2023 digelar pada November saat kompetisi sedang berjalan. Eri Cahyadi tak ingin jadwal pertandingan Persebaya menjadi terganggu, terutama saat bermain di kandang.

    "Kami sudah koordinasi dengan mas Azrul Ananda (CEO Persebaya). Mas Azrul juga sudah komunikasi dengan Liga. Hubungan antara PSSI, PT Liga, dan Persebaya juga baik," kata Eri Cahyadi.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Tak Berbenturan

    Terkait teknis penyelenggaraan Liga 1 maupun Piala Dunia U-17, pihaknya akan menyerahkan kepada PSSI maupun Persebaya. Meski Eri tetap berharap jadwal pertandingan keduanya tak berbenturan.

    Piala Dunia U-17 2023 bakal berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Dalam kurun waktu tersebut, Persebaya akan melakoni satu partai kandang, yakni menjamu PSIS Semarang pada 16 November 2023.

    "Komunikasi (antara Persebaya dan PSSI) sekarang baik sehingga jadwalnya teratur. Harapannya jadwal Timnas Indonesia enggak benturan. Seperti halnya kata mas Azrul, Persebaya juga akan mendukung. Persebaya juga menjadi bagian dari PSSI. Hubungannya sangat baik," imbuhnya.

     

    3 dari 4 halaman

    Tunggu Pengumuman PSSI

    Eri Cahyadi masih menunggu pengumuman dari PSSI terkait kota yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

    Stadion GBT sudah berpengalaman menjadi venue laga internasional. Terakhir, Stadion GBT menghelat duel Timnas Indonesia versus Palestina dalam FIFA Matchday, 14 Juni 2023.

     

    4 dari 4 halaman

    Tersedia Stadion Pendukung

    Lalu, ada pula Stadion Gelora 10 November dan Lapangan THOR yang mengalami renovasi. Gelora 10 November sempat dijadikan tempat berlatih Palestina, dengan Lapangan THOR jadi venue TC Timnas Indonesia.

    Akses menuju Stadion GBT juga sempat menjadi sorotan karena terletak di pinggiran Kota Surabaya. Namun, Pemkot Surabaya memiliki moda transportasi yang bisa menjangkaunya, yakni Suroboyo Bus dan Mobil Wira Wiri.

    Video Populer

    Foto Populer