Sukses


    Baru juga Tiba, Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U-17 Frank Wormuth Diajak Jalan-jalan ke Sarinah dan Dibelikan Batik

    Bola.com, Jakarta - Konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17, Frank Wormuth, telah tiba di Indonesia. Pria asal Jerman itu diajak berjalan-jalan ke Sarinah, Jakarta Pusat dan dibelikan batik.

    Frank Wormuth akan menjadi pendamping pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, hingga Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada 10 November-2 Desember 2023.

    Ketua PSSI, Erick Thohir, mengunggah video tengah bersama Frank Wormuth di Sarinah dalam akun Instagramnya, @erickthohir, pada Selasa (1/8/2023) sore WIB.

    "Selamat datang di Indonesia, Frank Wormuth! Hari ini Frank sudah berada di Indonesia dan saya ajak jalan-jalan di Sarinah sekalian ngenalin budaya Indonesia," tulis Erick Thohir.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Biar Betah

    Dalam kunjungan ke Sarinah itu, Erick Thohir dan Frank Wormuth juga ditemani oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

    "Supaya betah di Indonesia, kami juga belikan batik untuk Frank. Selamat bertugas sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17," imbuh Erick Thohir.

    "Seperti yang saya bilang, semua buatan Indonesia. Semua merek seperti brand internasional. Ada yang buat Frank enggak? Size XL," tanya Erick Thohir kepada penjaga toko di Sarinah.

    3 dari 6 halaman

    Pilah-Pilih Batik

    Frank Wormuth mulai memilah-milih batik. Mantan pelatih Timnas Jerman itu menjatuhkan pilihan kepada batik berwarna abu-abu.

    "Kamu suka yang itu?" imbuh Erick Thohir. "Ini produk tradisional? Ya, bagus. Batik ini sangat bagus," balas Frank Wormuth.

    "Iya produk tradisional. Kamu suka warna terang atau gelap? Ya ini bagus, kamu silakan coba. Ini cocok. Panjangnya pas?" tutur Erick Thohir.

    Erick Thohir menjelaskan kepada Frank Wormuth bahwa batik biasanya dipakai untuk datang ke pesta pernikahan hingga acara makan malam.

    "Jadi selain jas, kita memakai batik. Keren, yang satu ini untuk kamu," ucap Erick Thohir. "Terima kasih," jawab Frank Wormuth dalam bahasa Indonesia.

    4 dari 6 halaman

    Kontrak 4 Bulan

    Sementara itu, PSSI hanya mengontrak Frank Wormuth selama empat bulan atau hingga Piala Dunia U-17 2023. Erick Thohir akan melihat kinerjanya lebih dulu hingga akhir tahun ini.

    "Kontrak pertama ini untuk jangka waktu selama empat bulan hingga Piala Dunia U-17 2023," imbuh pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI itu.

    Frank Wormuth lahir di Berlin, Jerman, pada 13 September 1960. Dia adalah pelatih yang cukup berpengalaman di negaranya.

    Frank Wormuth menjadi asisten Joachim Low di klub Turki, Fenerbahce, pada Juli 1998-Juni 1999.

    Frank Wormuth juga menjabat sebagai pelatih Jerman U-20 selama enam tahun pada 2010-2016. Dia mengorbitkan sejumlah pemain yang cukup sukses di level senior seperti Antonio Rudiger, Julian Brandt, Niklas Sule, hingga Mahmoud Dahoud.

    5 dari 6 halaman

    5 Job Desk Frank Wormuth

    Lantas, apa saja tugas dari PSSI untuk pria asal Jerman itu? Pertama, Frank Wormuth diminta merumuskan tahapan-tahapan buat membangun Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

    Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember tahun ini.

    Kedua, Frank Wormuth akan melakukan analisis analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) sesuai penjabaran di situs PSSI.

    Analisis SWOT adalah metode strategis untuk membantu mengidentifikasi keunggulan, mengatasi tantangan, mengeksplorasi kemungkinan baru, dan mengantisipasi ancaman risiko.

    Frank Wormuth bakal menggunakan analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf Timnas Indonesia U-17 yang solid, jelang berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

    Ketiga, Frank Wormuth juga akan mempersiapkan modul-modul kepelatihan. Keempat, memaparkan hingga implementasi program. Kelima mengawas dan mengevaluasi modul yang dijalankan tim kepelatihan Timnas Indonesia U-17.

    6 dari 6 halaman

    Video Frank Wormuth di Sarinah

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

    Video Populer

    Foto Populer