Sukses


    Gelandang Tottenham Hotspur Batal Bela Timnas Indonesia U-17, PSSI: Naturalisasi Bisa Diurus, jika...

    Bola.com, Jakarta - Gelandang Tottenham Hotspur U-18, Gabriel Han Willhoft-King, batal membela Timnas Indonesia U-17. Pemain berusia 17 tahun itu masih berkewarganegaraan Inggris.

    Timnas Indonesia U-17 memang tengah getol mencari pemain diaspora yang masih mempunyai paspor Indonesia untuk diseleksi tampil di Piala Dunia U-17 2023.

    Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, sudah mengatakan pihaknya tidak bisa memanggil Gabriel Han Willhoft-King untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023, kecuali dinaturalisasi.

    Gabriel lahir di London, Inggris, pada 24 Januari 2006. Kabarnya, ayahnya berasal dari Indonesia dan ibunya dari Amerika Serikat keturunan Tiongkok.

    Ketua PSSI, Erick Thohir, mengisyaratkan tidak masalah melakukan naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-17, asalkan pemain keturunan itu bersedia untuk datang ke Indonesia.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Bisa Diurus

    "Saya tidak mau mendiskriminasi antara pemain kita dan naturalisasi. Sama-sama pemain Indonesia kok. Kalau hatinya mau Merah Putih, gitu kan," ujar Erick Thohir.

    "Kalau memang hatinya Merah Putih, ya datang ke sini. Urusan naturalisasi dan administrasi atau yang lain, bisa kami urus. Asal, hatinya mau bermain di sini," tuturnya.

    Gabriel Han Willhoft-King bermain sebagai gelandang bertahan. Talentanya diakui media Inggris, The Guardian, yang menyertakannya dalam "Next Generation 2022".

    3 dari 4 halaman

    Rekam Jejak Gabriel Han Willhoft-King

    Gabriel Han Willhoft-King juga membawa Tottenham Hotspur U-18 menjuarai Premier League U-18 pada 2022/2023. Dia membukukan 13 penampilan dengan perolehan dua gol dan satu kartu kuning.

    Gabriel Han Willhoft-King juga sudah pernah membela Timnas Inggris U-16 dua kali, ketika menghadapi Timnas Skotlandia U-16 dan Timnas Turki U-16 pada 2021.

    4 dari 4 halaman

    Mesti Dinaturalisasi

    "Untuk Gabriel Han Willhoft-King, mohon maaf, kami sudah mempelajari dan berkomunikasi dengan orang tuanya. Ternyata, dia tidak ada paspor Indonesia," imbuh Bima Sakti.

    "Jadi, harus melalui proses naturalisasi. Kalau naturalisasi membutuhkan waktu. Mungkin nanti untuk timnas U-20 bisa. Saya melihat datanya, dia pernah bermain untuk Inggris U-16," ucap Bima Sakti.

    Video Populer

    Foto Populer