Sukses


    Erick Thohir Pastikan Penggunaan Dana Rp399,5 Miliar untuk Piala Dunia U-17 dan Timnas Indonesia U-17 Diawasi Ketat

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan uang sebesar Rp399,5 miliar dari Pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga, akan digunakan sepenuhnya untuk membiayai penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia dan persiapan Timnas Indonesia U-17 untuk tampil di kejuaraan level dunia itu.

    Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo baru saja melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang penyaluran bantuan untuk Piala Dunia U-17 2023 dan Timnas Indonesia U-23.

    "Dananya hampir Rp400 miliar. Ini untuk penyelenggaraan dan persiapan Timnas Indonesia U-17," ujar Erick Thohir.

    Indonesia memang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang diikuti 24 peserta dari enam konfederasi, dan digelar pada 10 November hingga 2 Desembe 2023 di empat stadion berbeda di Indonesia.

    Keempat stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Stadion Manahan di Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Termasuk untuk TC ke Jerman

    Uang Rp399,5 miliar dari Kemenpora juga akan digunakan untuk memberangkatkan Timnas Indonesia U-17 ke Jerman sebagai bagian dari persiapan Piala Dunia U-17 2023.

    Rencananya tim asuhan Bima Sakti itu memang akan menggelar TC di sana pada 17 September hingga 23 Oktober 2023.

    "Untuk detail pembagian uangnya, nanti akan kami paparkan, daripada nanti salah persepsi. Kesepakatan kami dengan Pak Menpora harus benar-benar dijaga," ujar Erick Thohir.

    3 dari 4 halaman

    Gandeng BPKP

    Erick Thohir menjelaskan bahwa penggunaan anggaran Rp399,5 miliar dari Menpora untuk Piala Dunia U-17 2023 dan persiapan Timnas Indonesia U-17 ini bakal diawasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    "Sebab, ini uang negara. Ini harus kami pertanggungjawabkan karena sejak awal kami melihatkan auditer dari BPKP untuk mendampingi," imbuh Erick Thohir.

    4 dari 4 halaman

    59 Hari Lagi

    Piala Dunia U-17 2023 sudah dalam hitungan kurang dari dua bulan lagi digelar. Persiapan maksimal pun diharapkan bisa diwujudkan oleh PSSI.

    "Apalagi, ini persiapan kan tinggal 59 hari lagi. Tentu jangan sampai Pak Menpora melihat persiapan ini tidak maksimal. Ini kan panggung kita di dunia," terang Erick Thohir.

    "Banyak pemain-pemain juga yang diprediksi menjadi bintang baru. Ini yang harus kami lakukan dan di saat bersamaan, Timnas Indonesia U-17 bisa perform," lanjut Ketua PSSI itu.

    Video Populer

    Foto Populer