Sukses


Peta Persaingan Grup D Piala Dunia U-17 2023: Menanti Kiprah Jepang, Argentina, Senegal, dan Polandia

Bola.com, Jakarta - Persaingan yang cukup ketat bakal tersaji di Grup D Piala Dunia U-17 2023. Grup ini bakal diwarnai empat kontestan yang punya sejarah panjang di kejuaraan empat tahunan tersebut.

Berdasarkan hasil undian yang berlangsung di Kantor FIFA pada 15 September 2023, empat kontestan yang tergabung di Grup D Piala Dunia U-17 2023 ialah Jepang, Polandia, Argentina, dan Senegal.

Keempat kontestan itu memang belum mengoleksi gelar juara selama berpartisipasi di Piala Dunia U-17. Namun, mereka punya torehan yang mentereng saat mencatatkan penampilannya pada masa lalu.

Jepang menjadi salah satu unggulan di grup ini. Apalagi, mereka menempati pot satu karena penampilan apiknya pada edisi 2011, 2013, 2015, 2017, dan 2019. Sementara itu, Argentina yang menempati pot dua juga patut dinantikan sepak terjangnya.

Adapun dua kontestan lainnya, Polandia dan Senegal, juga berpeluang menjadi kejutan tersendiri di grup ini. Berikut ini Bola.com menyajikan peta persaingan Grup D Piala Dunia U-17 2023.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Timnas Jepang U-17

Salah satu kontestan Grup D yang juga akan difavoritkan lolos dari fase grup ialah Jepang. Pengalaman tim asal Negeri Matahari Terbit itu cukup panjang jika menilik sejarah Piala Dunia U-17 2023.

Gelaran kali ini akan menjadi partisipasi ke-10 bagi Jepang. Pada penampilan terakhirnya, mereka punya kiprah yang mengejutkan. Jepang lolos ke-16 besar setelah menjuarai Grup D.

Sayangnya, pada fase gugur, langkahnya harus terhenti pada 16 besar. Ketika itu, mereka digulung Meksiko dua gol tanpa balas dan gagal memperbaiki prestasi terbaiknya di Piala Dunia U-17.

Dari sembilan partisipasi sebelumnya, capaian terbaik yang diukir Jepang hanyalah lolos ke semifinal. Dari dua keberhasilan yang diraih pada 1993 dan 2011 itu, Jepang gagal ke final dan harus puas menduduki peringkat keempat.

 

3 dari 6 halaman

Timnas Argentina U-17

Sekalipun belum pernah meraih gelar juara di Piala Dunia U-17, Argentina tetaplah menjadi kontestan yang paling difavoritkan di Grup D. Sebab, mereka punya catatan partisipasi yang panjang.

Piala Dunia U-17 2023 bakal menjadi keiikutsertaan yang ke-15 bagi Argentina. Sayangnya, pada edisi paling terakhir, langkah mereka kandas pada 16 besar. Ketika itu, Argentina tumbang 2-3 dari Paraguay.

Timnas Argentina memang belum bisa berbicara banyak jika ukurannya ialah persaingan perebutan gelar juara. Prestasi terbaik mereka di Piala Dunia U-17 hanyalah merebut posisi ketiga.

Setidaknya, pencapaian itu sudah berlangsung sebanyak tiga kali. Masing-masing posisi ketiga itu diraih tim junior La Albiceleste pada Piala Dunia U-17 edisi 1991, 1995, dan 2003.

 

4 dari 6 halaman

Timnas Polandia U-17

Berikutnya, tim yang berpeluang menjadi kejutan di Grup D ialah Polandia. Piala Dunia U-17 2023 ini menjadi partisipasi ketiga bagi Polandia setelah absen selama 24 tahun lamanya di kejuaraan ini.

Polandia tercatat terakhir kali berpartisipasi pada Piala Dunia U-17 1999 yang berlangsung di Selandia Baru. Sayangnya, sebagai satu dari tiga wakil Eropa, saat itu mereka gagal berbicara banyak.

Tergabung di Grup A, Polandia justru tak berdaya melawan pesaingnya. Mereka sempat menahan Uruguay (1-1) dan Amerika Serikat (1-1), tetapi akhirnya tumbang 1-2 dari tuan rumah Selandia Baru.

Meskipun demikian, Polandia punya rekam jejak yang mentereng pada Piala Dunia U-17 1993. Ketika itu, mereka keluar sebagai peringkat keempat setelah kalah adu penalti dari Chile pada perebutan tempat ketiga.

 

5 dari 6 halaman

Timnas Senegal U-17

Dari keempat negara yang tergabung di Grup D, Senegal memang menjadi kontestan dengan catatan prestasi yang paling biasa saja. Pencapaian mereka sejauh ini hanya mentok lolos ke-16 besar Piala Dunia U-17.

Momen itu terjadi pada edisi paling terakhir, yakni 2019 yang berlangsung di Brasil. Tergabung di Grup D, mereka bisa lolos karena berstatus sebagai runner-up dengan koleksi enam poin.

Kiprah Senegal memang cukup menjanjikan. Mereka sukses menggulung Amerika Serikat (4-1) dan Belanda (3-1), tetapi harus kalah tipis dari Jepang dengan skor 0-1 pada laga pamungkas.

Pada 16 besar, mereka harus mengakui keunggulan Spanyol dengan skor 1-2. Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia ini akan menjadi partisipasi kedua bagi Senegal.

 

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Grup D

11 November

  • Jepang Vs Polandia
  • Argentina Vs Senegal

14 November

  • Jepang Vs Argentina
  • Senegal Vs Jepang

17 November

  • Senegal Vs Jepang
  • Polandia Vs Argentina

Video Populer

Foto Populer