Sukses


    Rekam Jejak Tim Peserta Grup B Piala Dunia U-17 2023: Spanyol Unggulan, Mali Simpan Kejutan

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-17 2023 bakal berlangsung sekitar satu bulan lagi. Setiap negara peserta terus mempersiapkan diri jelang perhelatan dua tahunan tersebut tak terkecuali para kontestan di Grup B.

    Timnas Spanyol U-17 menjadi satu-satunya negara tersohor yang berada di grup ini. La Furia Roja dikepung negara-negara kuda hitam yakni Mali, Kanada, dan Uzbekistan.

    Grup yang bakal bertanding di Stadion Manahan, Solo, itu mungkin tak menawarkan kemeriahan seperti grup lainnya di Piala Dunia U-17 2023. Namun, melihat komposisi peserta yang ada, grup ini berpotensi jadi yang terpanas diantara lainnya.

    Level kekuatan yang tak jauh berbeda jadi penyebabnya. Seluruh tim memiliki peluang setara untuk bisa melenggang ke-16 besar lewat jalur langsung, ataupun menjadi satu di antara peringkat tiga terbaik.

    Siapa yang paling berpeluang melaju ke babak selanjutnya? Berikut ini rekam jejak negara-negara yang bersaing di Grup B Piala Dunia U-17 2023.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Menanti Keganasan Uzbekistan

    Walaupun baru dua kali menembus putaran final Piala Dunia U-17, Uzbekistan bukan negara yang bisa dipandang sebelah mata. Mereka berhasil melangkah dari fase grup di setiap keikutsertaan pada turnamen tersebut.

    Tanpa diduga, Bobir Davlatov dkk. berhasil mencapai perempatfinal Piala Dunia U-17 Meksiko 2011. Mereka mengalahkan Amerika Serikat, Rep. Ceska, hingga Austalia sebelum dihentikan Uruguay yang lantas jadi runner-up turnamen.

    Dua tahun berselang di Chile, mereka kembali mengejutkan dunia. White Wolves melangkah bersama Maroko ke-16 besar dengan status tak terkalahkan, meski akhirnya langsung terhenti di tangan Honduras.

     

    3 dari 7 halaman

    Kanada Langganan Piala Dunia U-17, tetapi...

    Wakil CONCACAF, Timnas Kanada, menjadi salah satu negara langganan tampil di Piala Dunia U-17. Termasuk turnamen tahun ini di Indonesia, mereka total telah delapan kali melangkah ke putaran final.

    Walau begitu, perjalanan The Reds tak pernah melebihi fase grup. Lebih mengenaskan, mereka sama sekali belum pernah merebut kemenangan dari 21 pertandingan yang sudah dijalani.

    Tak heran bila banyak pengamat menempatkan Kanada di posisi paling buncit di grup ini. Faktor sejarah yang kurang mendukung plus calon lawan yang dihadapi membuat peluang mereka nyaris nol.

     

    4 dari 7 halaman

    Mali Sang Kuda Hitam

    Label kuda hitam turnamen pantas disematkan kepada Mali. Perwakilan Afrika itu merupakan satu di antara tim tersukses di Piala Dunia U-17, sekalipun belum pernah membawa pulang trofi tertinggi seperti Nigeria maupun Ghana.

    Dalam lima kali kesempatan tampil di putaran final sebelumnya, Les Aigles memiliki catatan yang cukup impresif. Mereka minimal mengunci satu tiket ke perempatfinal dalam empat turnamen dan hanya sekali tertahan di fase grup pada Piala Dunia U-17 Selandia Baru 1999.

    Peluang terdekat dengan gelar juara hadir pada Piala Dunia U-17 2015 Chile, saat mereka berhasil menembus final. Sayangnya, Mali kalah dari Nigeria yang dipimpin bintang Napoli, Victor Osimhen.

     

    5 dari 7 halaman

    Spanyol Si Paling Runner-Up

    Belanda mungkin lebih dikenal publik sebagai juara tanpa mahkota, karena tiga kali menjadi runner-up Piala Dunia. Namun di level Piala Dunia U-17, Spanyol merupakan negara si paling runner-up.

    Dalam 10 kali keikutsertaan mereka sebelumnya, Spanyol telah empat kali menyegel status peringkat kedua. Terkini, mereka ditaklukkan oleh Inggris pada Piala Dunia U-17 2017 India di mana Phil Foden menjadi pemain terbaik turnamen.

    Dengan absensi bintang muda Barcelona, Yacine Lamal, di Indonesia, praktis kekuatan Spanyol dipastikan tereduksi. Untuk melangkah dari fase grup mungkin bukan perkara sulit, tetapi tantangan sebenarnya untuk La Furia Roja hadir pada fase gugur.

    6 dari 7 halaman

    Hasil Drawing Piala Dunia U-17 2023:

    7 dari 7 halaman

    EMTEK Pemegang Hak Siar

    <p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

     

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer