Sukses


3 Kuliner Khas Kota Solo yang Jadi Destinasi Menarik selama Piala Dunia U-17 2023

Bola.com, Solo - Mengunjungi Kota Solo untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 2023 tampaknya kurang lengkap jika tak menikmati sejumlah destinasi wisata kuliner yang tersaji di berbagai penjuru kota.

Kota Solo memang akan menjadi episentrum penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Selain menyelenggarakan laga-laga di Grup B, Kota Bengawan juga menjadi venue untuk pertandingan di fase gugur.

Salah satu aktivitas menarik yang bisa menjadi alternatif sebelum menyaksikan aksi-aksi para pemain muda yang tampil di Piala Dunia U-17 2023 ialah mengunjungi destinasi wisata kuliner yang tersebar di Kota Bengawan.

Sebab, Kota Solo memang menjadi salah satu tujuan vakansi bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Sajian kulinernya juga patut masuk dalam daftar agenda ketika berkunjung di kota ini.

Setidaknya ada beberapa kuliner khas dari Kota Solo yang patut dicoba di tengah-tengah waktu senggang sebelum menyaksikan laga Piala Dunia U-17 2023. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Selat Solo

Salah satu kuliner khas Kota Solo yang namanya sudah terkenal ialah Selat Solo. Makanan ini merupakan hasil percampuran antara budaya Eropa dan Jawa. Dalam sepiring porsi Selat Solo, Anda akan mendapatkan cita rasa manis, gurih, asin, hingga asam.

Kuliner legendaris ini terdiri dari potongan daging maupun daging cincang, wortel, mentimun, kentang, buncis, daun selada, dan diguyur dengan kuah coklat yang menyegarkan.

Jika ingin mencicipinya, sejumlah kedai Selat Solo yang direkomendasikan yakni Selat Solo Tenda Biru, Warung Selat Solo Mbak Lies, Selat Vien’s, Omah Selat, Selat Kusuma Sari Restaurant, hingga Selat Gajahan.

 

3 dari 4 halaman

Sate Buntel

Selanjutnya, kuliner yang terbuat dari olahan daging kambing khas Kota Solo yang bakal memanjakan lidah Anda ialah Sate Buntel. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang dicincang lalu dibungkus dengan lemak.

Makanan tradisional ini yang sudah tercantum dalam warisan budaya tak benda Indonesia ini menjadi salah satu makanan yang menjadi langganan Presiden Joko Widodo saat pulang ke Solo.

Untuk menyantapnya, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Warung Sate Mbok Galak, Pak H. Bejo, Sate Kambing Pak Kasdi, Warung Sate Kambing Sumber Pak Dahlan, hingga Warung Sate Pak Manto.Serabi Solo

 

4 dari 4 halaman

Serabi Solo

Kuliner khas Kota Solo berikutnya ialah Serabi Solo. Camilan bercita rasa manis dan gurih ini juga patut dicoba untuk menemani Anda menyaksikan laga Piala Dunia U-17 2023. Kue ini juga sering menjadi oleh-oleh.

Serabi Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan gula. Cara memasaknya seringkali menggunakan metode tradisional, yakni menggunakan wajan kecil yang dipanaskan dengan tungku arang.

Sejumlah tempat yang menjadi rekomendasi untuk menikmati kue warisan leluhur ini di antaranya Serabi Notosuman Ny Lidia, Serabi Notosuman, Ny Handayani, hingga Serabi Notosuman H Oemar.      

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

Video Populer

Foto Populer