Sukses


    Stadion Si Jalak Harupat dalam Angka Jelang Piala Dunia U-17 2023: Kebanggan Jawa Barat

    Bola.com, Jakarta - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ada empat stadion yang akan digunakan menggelar laga-laga pada ajang itu.

    Empat stadion yang dimaksud adalah Stadion Gelora Bung Tomo, Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan, dan Stadion Si Jalak Harupat.

    Pada kesempatan kali ini, Bola.com akan mengulas Stadion Si Jalak Harupat. Stadion yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu memiliki beberapa keunikan.

    Stadion Si Jalak Harupat adalah stadion multifungsi dengan tipe Olimpik. Stadion itu memiliki lintasan lari yang mengelilingi lapangan.

    Stadion Si Jalak Harupat juga memiliki bentuk tribune oval layaknya stadion klasik yang ada di Indonesia.

    ====

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    2003

    Proses pembangunan Stadion Si Jalak Harupat dimulai pada 2003. Saat itu pembangunan stadion ini disambut baik oleh masyrakat Kabupaten Bandung.

    Sebab, Stadion Si Jalak Harupat dibangun bersamaan dengan arena olahraga lain yang menjadikan kompleks olahraga baru di wilayah tersebut.

    Proses pembangunan Stadion Si Jalak Harupat membutuhkan waktu dua tahun. Stadion ini resmi dibuka pada 2005.

    3 dari 7 halaman

    27.000

    Ketika pertama kali dibuka, Stadion Si Jalak Harupat mampu menampung 45 ribu penonton. Sebab, saat itu tak semua bagian tribune stadion itu dilengkapi dengan single seat.

    Setelah dilakukan renovasi, kapasitas Stadion Si Jalak Harupat menurun. Saat ini, stadion yang terletak di wilayah Soreang itu hanya bisa menampung 27 ribu penonton.

    4 dari 7 halaman

    13

    Stadion Si Jalak Harupat mendapatkan jatah untuk menggelar 13 pertandingan di sepanjang Piala Dunia U-17 2023. Dengan perincian 11 laga di babak grup dan dua laga di babak 16 besar.

    Stadion Si Jalak Harupat akan menggelar mayoritas pertandingan di Grup E dan Grup F Piala Dunia U-17 2023.

    5 dari 7 halaman

    5

    Stadion Si Jalak Harupat paling tidak sudah pernah menjadi tuan rumah empat ajang besar. Stadion ini pernah dipakai Persib Bandung di ajang Piala AFC.

    Selain itu, Si Jalak Harupat juga pernah menggelar babak grup Piala AFF 2008. Stadion itu juga pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

    Jumlah turnamen besar yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat akan bertambah dalam waktu dekat. Tentu yang terbaru, Stadion Si Jalak Harupat akan menggelar laga-laga Piala Dunia U-17 2023.

    6 dari 7 halaman

    4

    Sebagai salah satu stadion kebanggaan Jawa Barat, Stadion Si Jalak Harupat juga pernah menjadi kandang klub-klub kebanggan provinsi tersebut.

    Sebagai stadion yang terletak di Kabupaten Bandung, stadion itu jelas pernah dipakai oleh Persikab Kabupaten Bandung. Klub itu masih berkadang di Si Jalak Harupat sampai saat ini.

    Persib Bandung juga pernah lama berkandang di Si Jalak Harupat. Begitu juga dengan Pelita Bandung Raya, dan PSKC Cimahi.

    7 dari 7 halaman

    Piala Dunia U-17 2023 di Emtek

    <p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

     

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer