Sukses


    Rumput JIS Jadi Perdebatan, Padahal Tak Ada Komplain dari Peserta Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Jakarta - Publik pecinta sepak bola nasional sedang gaduh dalam status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Penyebabnya, ada stadion yang dianggap memiliki kualitas jelek.

    Jakarta International Stadium (JIS) jadi perbincangan netizen. Banyak yang menyebut kualitas rumput stadion itu jelek, seperti saat dipakai menggelar laga Grup C Piala Dunia U-17 2023, Sabtu (11/11/2023) kemarin.

    Di laga pertama, Inggris mampu menang 10-0 atas Kaledonia Baru di Grup C. Berikutnya, giliran Iran yang berhasil unggul 3-2 saat melawan Brasil. Dua pertandingan itu juga berjalan dengan lancar.

    Komentar rumput JIS jelek muncul di media sosial dengan mengandalkan visual di siaran langsung yang ada di televisi. Pada kenyataannya, tak ada keluhan dari tim-tim peserta Grup C dan pertandingan digelar dengan lancar.

    ==

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Bikin Heran

    Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, heran muncul suara yang mempermasalahkan JIS. Sebab, FIFA selaku pemegang otoritas sepak bola tertinggi dunia sudah menyetujui JIS jadi venue pertandingan, yang artinya telah memenuhi standar dunia.

    “Kita tahu sudah ada pertandingan di JIS, dan tidak ada masalah. Tidak ada komplain dari pemain maupun pelatih. Terkait penjadwalan, itu yang menentukan adalah FIFA, termasuk ada dua grup di situ. Keputusan dari FIFA, kondisinya aman dan bisa digunakan,” kata Zainudin Amali, Minggu (12/11/2023).

    3 dari 5 halaman

    Ada 17 Pertandingan

    JIS bahkan terpilih sebagai tuan rumah yang akan memainkan pertandingan dua grup, yakni Grup C dan E. Grup E sendiri berisikan Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, yang bertanding hari ini, Minggu.

    Dari fase grup saja, total terdapat 12 pertandingan yang dimainkan di JIS. Itu belum termasuk dua laga 16 besar dan dua pertandingan perempat final. Total, akan ada 16 pertandingan yang dimainkan di JIS.

    Hal itu sudah membuktikan bahwa FIFA memercayai bahwa JIS memang layak untuk menggelar pertandingan level dunia. Itu pun sudah melalui renovasi rumput demi bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

    4 dari 5 halaman

    Wewenang FIFA

    Acara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, mengingat Timnas Indonesia berada di Grup A. Opening ceremony juga berlangsung lancar pada Jumat (10/11/2023) lalu.

    “Yang memutuskan memenuhi atau tidak itu FIFA. Kami menyediakan fasilitasnya. Walaupun cuma delapan menit, itu pun sudah mendapat respons bagus, FIFA senang. Komentar di instagram juga sangat positif dan bagus,” kata Zainuddin Amali.

    “Sejauh ini, belum ada hal-hal yang mengganggu. Saya bersyukur bisa berkomunikasi dengan Wali Kota Surabaya, Mas Eri, pergerakannya cepat. Saya juga melihat tidak ada gangguan apa-apa,” tuturnya.

    5 dari 5 halaman

    Yuk Tonton Keseruan Piala Dunia U-17 2023 di EMTEK

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer