Sukses


    Mantan Pelatih Timnas Indonesia U-19 Berharap Garuda Asia Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Solo - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Eduard Tjong, menyebut Piala Dunia U-17 2023 membawa banyak manfaat buat persepakbolaan Tanah Air. Satu di antaranya bagi pelatih-pelatih yang ada di Sekolah Sepak Bola (SSB).

    Hal tersebut diungkapkan Eduard Tjong saat berbincang di Information Center Piala Dunia U-17 2023, Solia Zigna, Kota Solo pada Senin (13/11/2023). Menurut Eduard, para pelatih lokal bisa belajar dari seluruh pertandingan yang tersaji di ajang internasional kelompok umur tersebut.

    "Pelatih SSB kita lihat saja pergantian pemain dan pola bermain mereka, kalau salah pelatihnya harus gimana, kita lihat dari tim lainnya," ujar Eduard Tjong.

    "Kita tak perlu malu mencontoh mereka, tetapi kita pelajari pakai cara kita sendiri, jadi banyak yang kita dapat dari Piala Dunia U-17 kali ini dari bola, cara service corner, taktikal, dan lain-lain," lanjutnya.

    "Kami teman-teman pelatih kalau habis melihat pertandingan kami berkumpul dan diskusi mempelajari serta evaluasi, dengan adanya VAR sangat membantu sekali," sambungnya.

    ---

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Mental Bertanding

    Secara keseluruhan, mantan pelatih Madura FC di Liga 2 2019 itu memuji penampilan para pemain muda yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Dia menilai, secara umum mental bertanding semua tim di turnamen dua tahunan itu sangat bagus.

    "Pertama anak-anak SBB yang bisa dilihat adalah cara bermain di Piala Dunia U-17 dan mental bertanding itu yang paling penting. Kita bisa lihat timnas kita, mereka masih bisa fight dan bermain luar biasa, itu jika bukan karena mental tidak akan terjadi," katanya.

    "Skill itu relatif karena usia muda, rata-rata individunya kuat banget seperti Prancis dan Mali. Itu boleh belajar untuk anak-anak SSB, secara umum mental bertanding semua tim di Piala Dunia U-17 sangat bagus," tambah Eduard Tjong.

     

    3 dari 4 halaman

    Ciptakan Sejarah Baru

    Eduard Tjong juga turut mendoakan yang terbaik buat Timnas Indonesia U-17 yang berjuang di Piala Dunia U-17 2023. Pada partai terakhir penyisihan Grup A, Garuda Muda akan menghadapi Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Kamis (16/11/2023) malam WIB.

    Melawan tim kuat Maroko, Eduard yakin pasukan Bima Sakti bisa melewati laga dengan hasil memuaskan. Duel Indonesia versus Maroko bakal jadi laga penentu buat kedua tim lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

    Saat ini, Tim Merah-Putih berada di peringkat ketiga Grup A dengan dua poin. Adapun Maroko menempati posisi kedua dengan raihan tiga angka.

    "Pada laga terakhir Timnas Indonesia U-17 akan melawan Maroko, saya yakin mereka termotivasi. Dan ini bisa jadi sejarah buat kita kalau mereka bisa lolos, menciptakan sejarah baru itu sangat luar biasa," ucap pria berusia 51 tahun itu

    "Saya harap anak-anak Indonesia dapat membuat sejarah baru dan bisa dianggap penting juga oleh negara-negara lain. Kelemahan anak-anak ini di fisik tetapi saya yakin coach Bima sudah pelajari dan analisis," pungkasnya.

    4 dari 4 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia U-17 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer