Sukses


    Cerita Psikolog Afif Kurniawan: Pagi Mengajar di Kampus, Malam Dampingi Timnas Indonesia U-17 di GBT

    Bola.com, Surabaya - Afif Kurniawan benar-benar menjalani jadwal pekerjaan yang padat selama sepekan terakhir. Dia jadi bagian dari staf kepelatihan Timnas Indonesia U-17, tepatnya psikolog tim yang tampil di Piala Dunia U-17 2023.

    Di sisi lain, Afif juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Dua pekerjaan ini masih berjalan beriringan. Dia tetap harus mengajar di kampus pada pagi hari.

    Seperti yang terjadi pagi ini, Kamis (16/11/2023). Dia mempunyai jadwal mengajar mata kuliah Dasar Intervensi Psikologis pada pukul 08.00 WIB. Dengan statusnya sebagai dosen PNS, pria berusia 38 tahun itu wajib menunaikan tugas sebagai dosen.

    "Selama Piala Dunia U-17 2023, saya tidak ada libur mengajar. Kebetulan, semua jadwal mengajar saya pagi hari. Jadi, saya masih bisa ke kampus seperti biasa. Semuanya normal dan tetap profesional," kata Afif kepada Bola.com.

    ---

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Tak Kerepotan

    Hal itu agak berbeda dengan persiapan Timnas Indonesia U-17 saat melakoni pemusatan latihan di Jakarta. Ada beberapa momen yang membuat Afif terpaksa hadir dalam agenda tim.

    Beruntungnya, Timnas Indonesia U-17 bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dalam fase grup Piala Dunia U-17 2023. Jadi, Afif tidak kerepotan untuk menjalani mobilitas dua profesi pengabdiannya untuk negara itu.

    Selain itu, hotel tempat Timnas Indonesia U-17 menginap juga tidak jauh dari kampusnya. Dia hanya membutuhkan waktu sekitar lima sampai 10 menit perjalanan untuk tiba di Universitas Airlangga.

     

    3 dari 7 halaman

    Bisa Berjalan Beriringan

    Ditambah lagi, Afif hanya mendapat jadwal mengajar pagi sampai siang selama semester ini, tak ada jadwal sore. Dengan begitu, pria kelahiran Pasuruan itu tetap bisa melakoni agenda di Timnas Indonesia U-17.

    Afif Kurniawan juga tidak meminta ada pengaturan jadwal itu. Beruntung, pekerjaan yang dijalankan selama di Surabaya, baik sebagai dosen maupun psikolog, bisa berjalan beriringan tanpa ada yang terganggu.

    "Saya merasa ini sudah diatur oleh Tuhan. Saya jadi tidak perlu repot izin absen mengajar. Saat tidak ada jadwal di kampus, saya juga kembali ke tim, mungkin ada agenda meeting atau lainnya," imbuh Afif.

     

    4 dari 7 halaman

    Bersiap Hadapi Maroko

    Afif hari ini mengajar di kampus sampai siang hari. Dia kemudian kembali ke hotel tim untuk persiapan pertandingan. Timnas Indonesia U-17 bakal menghadapi Maroko dalam laga terakhir Grup A di Stadion GBT, Kamis (16/11/2023) malam WIB.

    "Ya, malam ini harus tetap mendampingi tim. Ini sudah berjalan dalam beberapa hari terakhir. Saya tentu sudah memperhitungkan dan menjalani pekerjaan ini dengan baik," ungkapnya.

     

    5 dari 7 halaman

    Duel Penentuan

    Duel melawan Maroko jadi penentuan terakhir kedua tim untuk menembus fase gugur. Ada peluang melaju ke-16 besar sebagai juara grup, runner-up, maupun slot empat peringkat ketiga terbaik.

    Maroko hanya akan mendapat poin maksimal sebesar enam angka, itu pun kalau mampu mengalahkan Timnas Indonesia U-17 pada pertandingan terakhir Grup A. Adapun Timnas Indonesia U-17 hanya punya kans lima poin maksimal.

    6 dari 7 halaman

    Hasil, Jadwal, dan Klasemen Grup A

    Grup A

    10 November 2023

    • Panama 0-2 Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Pukul 16.00 WIB
    • Timnas Indonesia U-17 1-1 Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Pukul 19.00 WIB

    13 November 2023

    • Maroko 0-2 Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Pukul 16.00 WIB
    • Timnas Indonesia U-17 1-1 Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Pukul 19.00 WIB

    16 November 2023

    • Maroko Vs Timnas Indonesia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Pukul 19.00 WIB
    • Ekuador Vs Panama di Stadion Manahan, Solo, Pukul 19.00 WIB

    Grup A

     Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
    1  Ekuador  2  1   1  0  3-1  4
    2  Maroko  2  1  0  1  2-2  3
    3  Indonesia  2   0  2  0  2-2  2
    4  Panama   2   0   1  1  1-3  1
    7 dari 7 halaman

    Simak Keseruan Piala Dunia U-17 2023 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer