Sukses


    Piala Dunia U-17 2023: Suporter Jepang Membuat Suasana Stadion Manahan Makin Meriah

    Bola.com, Solo - "Nippon, nippon, nippon!". Begitulah yel-yel yang dikumandangkan suporter Timnas Jepang U-17 yang menempati tribune barat Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Senin (20/11/2023) malam WIB. Jepang menghadapi Spanyol dalam laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

    Para pendukung Jepang yang hadir ke stadion berkapasitas 20 ribu penonton itu membuat suasana pertandingan 16 besar Piala Dunia U-17 2023 itu makin meriah.

    Puluhan suporter Jepang yang datang di Manahan juga begitu totalitas. Mereka tidak hanya membawa atribut macam bendera dan memakai jersey Timnas, namun ada juga yang membawa snare drum.

    Ketukan snare drum itu sesekali digeber oleh seorang wanita yang sepanjang laga 16 Besar Piala Dunia U-17 2023 itu berdiri sembari mengomandoi suporter lain. Mereka terus bernyanyi dan meneriakkan chant "Nippon" diiringi oleh riuhnya tepuk tangan.

    ====

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Datang Langsung dari Tokyo

    Bola.com berkesempatan mewawancarai salah satu suporter asal Jepang bernama Ken. Dia datang ke Indonesia bersama beberapa rekannya. Ken mengaku datang langsung dari Tokyo, Jepang, untuk mendukung skuad Muda Samurai Biru.

    "Ya, saya datang langsung dari Tokyo. Saya berada di Indonesia sejak Senin pekan lalu," ujar Ken.

    "Saya mendukung Jepang bermain sejak memainkan fase grup di Bandung. Menurut saya, ada perbedaan cuaca di Bandung dan Solo. Kalau di sini sangat panas," tambah Ken.

    Jepang yang berada di Grup D Piala Dunia U-17 2023 memang melakoni laga penyisihan grup di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Setelah menuntaskan fase grup, Samurai Biru kemudian bergeser ke Solo pada Minggu (19/11/2023).

    3 dari 4 halaman

    Momen Paling Berkesan

    Ken mengaku enjoy selama berkunjung di Indonesia. Kebahagiaan itu makin bertambah kala Jepang berhasil melaju ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, itu menjadi momen terbaik selama dirinya berada di Indonesia.

    "Saat Jepang menang 2-0 atas Senegal pada matchday terakhir fase grup. Kemenangan yang membuat Jepang lolos ke babak 16 besar," katanya.

    4 dari 4 halaman

    Rento Takaoka Tak Terkenal

    Samurai Biru memiliki sosok striker haus gol, Rento Takaoka. Dia menjadi pemain andalan Jepang di Piala Dunia U-17 2023. Sejauh ini pemain berusia 16 tahun itu telah membukukan empat gol.

    Torehan itu membuatnya masuk dalam daftar top scorer sementara bersama pemain Brasil U-17, Kaua Elias. Menariknya, tiga gol Rento Takaoka dicetak sebagai pemain pengganti.

    Meski tampil moncer, Ken berujar, Rento Takaoka tak begitu terkenal di Jepang. Namun, diakui sang pemain memiliki bakat luar biasa di usia yang masih belia.

    "Dia pemain yang sangat bagus dan sangat cepat, tetapi di Jepang dia tidak terlalu terkenal," ucap Ken sembari tertawa.

    "Ini turnamen yang penting bagi Takaoka. Saya berharap dia akan terus berkembang," pungkasnya.

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer