Sukses


    Pemain Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Bakal Laris Manis Diburu Klub Eropa

    Bola.com, Solo - Sejumlah pemain yang tampil menonjol di Piala Dunia U-17 2023 layak menjadi target incaran yang menarik bagi klub-klub asal Eropa. Mereka punya potensi besar untuk jadi bintang di masa depan.

    Panggung Piala Dunia U-17 2023 memang diramaikan dengan banyak sekali talenta-talenta berbakat yang mencuri perhatian. Mereka juga mampu menjadi bagian keberhasilan timnya masing-masing.

    Setidaknya, ada empat pemain yang namanya paling menonjol sepanjang kejuaraan ini. Kiprahnya terhitung konsisten dari awal fase penyisihan hingga pertandingan pamungkas di fase gugur.

    Beberapa di antaranya juga berhasil memborong penghargaan saat awarding ceremony digelar di Stadion Manahan, Solo. Mereka layak diburu klub-klub Eropa sebagai investasi jangka panjang. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

    2 dari 5 halaman

    Ibrahim Diarra (Mali)

    Dari Timnas Mali U-17, sosok pemain yang paling bersinar sepanjang Piala Dunia U-17 2023 ialah Ibrahim Diarra. Pemain sayap berusia 16 tahun ini menjadi tulang punggung The Eagles dari awal fase grup hingga babak perebutan peringkat ketiga.

    Diarra tak hanya menjalankan peran sebagai kapten dengan baik. Sebab, pemain kelahiran 12 Desember 2006 ini juga punya kontribusi yang luar biasa untuk skuad asuhan Soumalia Coulibaly. 

    Sepanjang Piala Dunia U-17 2023, pemain asal klub Africa Foot itu sukses menghasilkan lima gol dan empat assist. Jumlah gol ini membawanya berada di urutan kedua dalam daftar top scorer di kejuaraan ini.

    Koleksinya setara dengan bintang-bintang lainnya yang juga bersinar, seperti Claudio Echeverri (Argentina) hingga Paris Brunner (Jerman).

     

    3 dari 5 halaman

    Claudio Echeverri (Argentina)

    Selain Agustin Ruberto sebagai sosok pencetak gol terbanyak di Piala Dunia U-17 2023, pemain Timnas Argentina U-17 yang paling menonjol di ajang ini ialah Claudio Echeverri. Pemain berusia 17 tahun ini bakal jadi rebutan klub-klub Eropa.

    Di kejuaraan ini, gelandang serang asal klub River Plate itu tampil mengagumkan. Dia sukses menyumbang lima gol dan dua assist untuk skuad asuhan Diego Placente. Salah satu penampilan terbaiknya tersaji pada fase perempat final.

    Kapten Timnas Argentina U-17 ini sukses mencetak hattrick saat menumbangkan Brasil tiga gol tanpa balas. Kemenangan ini sekaligus membalaskan dendam Argentina seusai takluk pada Piala Amerika Selatan U-17 2023.

    Echeverri punya julukan sebagai El Diablito alias Little Devil. Label ini muncul karena kemampuan dribble, kecepatan, kemampuan satu vs satu, hingga sepakannya yang keras.

    4 dari 5 halaman

    Paul Argney (Prancis)

    Salah satu tulang punggung yang membuat pertahanan Timnas Prancis U-17 amat kokoh di Piala Dunia U-17 2023 ialah sang penjaga gawang, Paul Argney. Dia nyaris selalu bermain di kejuaraan ini.

    Penjaga gawang asal klub Le Havre B itu berhasil membantu The Little Blues mencatatkan lima cleansheet, mulai fase penyisihan grup hingga babak perempat final. Gol pertama yang bersarang di gawangnya terjadi pada fase semifinal saat menghadapi Mali.

    Argney sempat menjadi aktor penting di balik keberhasilan skuad asuhan Jean-Luc Vannuchi menumbangkan Senegal lewat drama adu penalti. Sayangnya, dia gagal melakukan kiprah serupa di fase final.

    Terlepas dari kegagalan itu, kiper kelahiran 23 Mei 2006 ini mendapat penghargaan Golden Glove sebagai tanda dia menjadi kiper terbaik di Piala Dunia U-17 2023.

     

    5 dari 5 halaman

    Paris Brunner (Jerman)

    Borussia Dortmund tampaknya harus berjuang keras untuk bisa memagari salah satu wonderkidnya, Paris Brunner, yang sukses menjadi pemain paling menonjol di Piala Dunia U-17 2023.

    Penyerang berusia 17 tahun itu menjadi aktor penting di balik keberhasilan Die Mannschaft meraih gelar juara. Gelar ini menorehkan sejarah baru karena mereka sukses menjuarai Piala Dunia U-17 dan Euro U-17 dalam tahun yang sama.

    Tak hanya itu, Paris Brunner juga sukses merebut penghargaan Golden Ball sebagai Pemain Terbaik di kejuaraan ini. Sebelumnya, dia pernah meraih gelar serupa pada Euro U-17 2023.

    Bukan tidak mungkin, berbagai pencapaian cemerlang yang diukir pemain kelahiran 15 Februari 2006 itu bakal membuat klub-klub asal Benua Biru saling memperebutkan tanda tangannya di masa depan.    

    Video Populer

    Foto Populer