Sukses


Kejuaraan Dunia 2015: Tontowi / Liliyana Terjegal di Semifinal

Bola.com, Jakarta - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, kembali menelan pil pahit saat beraksi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (15/8/2015). Memainkan laga semifinal Kejuaraan Dunia BWF, Tontowi/Liliyana harus mengakui keunggulan wakil Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, 22-20, 21-23, 12-21.

Diplot sebagai unggulan ketiga, Tontowi/Liliyana sejatinya bisa menang straight game, jika saja mereka tidak menyia-nyiakan peluang match point yang sudah dikantongi di gim kedua. Sayang, Dewi Fortuna masih belum mau berpihak kepada mereka. Usai dipaksa melanjutkan permainan ke gim ketiga, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu harus merelakan kemenangan menjadi milik lawannya.

"Satu poin itu memang krusial sekali. Setelah kami gagal mengamankan satu poin terakhir di posisi match point dan kalah di gim kedua, secara mental, kami jadi terpengaruh saat mencoba bermain di gim ketiga," papar Liliyana seusai bertanding.

"Tadi pelatih sebenarnya sudah menginstruksikan kami untuk fokus lagi di gim ketiga, dan lupakan kekalahan di gim kedua. Tapi, secara manusiawi, tentu sulit bagi kami untuk bisa melupakan kekalahan di gim kedua tadi. Terutama ketika kami kehilangan 2-3 poin di awal gim ketiga," lanjutnya.

Dengan hasil ini, Owi/Butet harus puas meraih medali perunggu. Sementara skuat Tiongkok memastikan terjadinya All Tiongkok Final di nomor ganda campuran. Sebelumnya, Liu Cheng/Bao Yixin sukses mengamankan tempat di final setelah mengalahkan kompatriot mereka, Xu Chen/Ma Jin, juga lewat pertarungan rubber game, 21-13, 15-21, dan 21-19.

Jalannya pertandingan

Laga semifinal ganda campuran Kejuaraan Dunia BWF 2015 berjalan sengit sejak gim pertama. Namun, Tontowi/Liliyana mampu menguasai permainan. Di interval, mereka unggul lima angka atas Zhang/Zhao (11-6). Tapi, situasi ini mulai terganggu selepas interval. Berkali-kali membuat kesalahan, perolehan poin Tontowi/Liliyana berbalik tertinggal menjadi 11-12.

Beruntung, Tontowi/Liliyana bisa segera mengembalikan fokus mereka. Meski masih mendapat tekanan dari Zhang/Zhao, ganda campuran berperingkat tiga dunia itu tetap bisa memenangi gim pertama.

Duel serupa kembali tersaji di gim kedua. Sama-sama tak mau kalah, kedua pasangan saling bertukar serangan. Alhasil, kejar-kejaran poin tak terelakkan. Setelah imbang di kedudukan 7-7 dan 16-16, skor keduanya kembali setara di posisi adu setting, 20-20. Padahal, Tontowi/Liliyana sudah sempat meraih match point di kedudukan 20-18.

Berada di atas angin membuat kepercayaan diri Zhang/Zhao naik. Terus menekan pertahanan wakil tuan rumah, juara bertahan itu kemudian membuktikan kualitas mereka dengan memenangi gim kedua.

Kemantapan performa Zhang/Zhao makin menjadi di gim ketiga. Sebaliknya, fokus Tontowi/Liliyana terkikis setelah tertinggal 8-11 di interval terakhir. Gagal mengembalikan konsentrasi permainan, keduanya terus tenggelam dalam irama permainan lawan. Setelah berjuang selama 92 menit, Tontowi/Liliyana pun mencatat hasil kalah.

"Harus kami akui, hari ini lawan bermain lebih tenang," ujar Tontowi.

Hasil sementara semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2015 bisa diakses di sini.

Baca juga:

5 Alasan Lin Dan Pantas Kecewa Gagal Berjumpa Lee Chong Wei

Inilah Jadwal Lengkap Semifinal Kejuaraan Dunia 2015

Linda Jadi Harapan Akhiri 22 Tahun Paceklik Gelar Tunggal Putri

Video Populer

Foto Populer