Sukses


Federer Sindir Kesiapan Pemain di AS Terbuka 2015

Bola.com, New York - Kritik pedas kembali dilayangkan petenis flamboyan asal Swiss, Roger Federer. Setelah di Wimbledon 2015 menyuarakan pendapatnya perihal teknologi hawkeye, kali ini Federer menyindir kesiapan para petenis yang berlaga di turnamen Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2015.

Sindiran Federer tersebut tidak lepas dari banyaknya pemain yang gugur lantaran tak sanggup menyelesaikan pertandingan. Menurut dia, suhu panas yang menyelimuti penyelenggaraan turnamen AS Terbuka tahun ini tidak bisa dijadikan alasan.

"Kami sudah berada di Amerika Utara selama beberapa kali. Suhu seperti ini juga tidak mendadak panas. Memang sedikit lebih hangat di banding kota-kota lain, tapi bukan berarti suhu di sini sampai tidak memungkinkan untuk bertanding. Tidak ada alasan untuk itu," tutur Federer, dilansir AFP.

"Menurut saya, semua pemain seharusnya menyiapkan diri sebaik-baiknya. Saya tahu tidak semua dari kami terbiasa bertanding sampai lima set. Jadi, wajar bila badan kita bereaksi aneh setelah bermain dua sampai tiga setengah jam," sambung petenis berusia 34 tahun itu.

Sampai hari kelima, tercatat sudah ada 14 petenis yang mengundurkan diri saat tengah bertanding. Rinciannya, 12 petenis putra dan dua petenis putri. Menjadikan penyelenggaraan AS Terbuka 2015 membukukan rekor retired paling banyak sepanjang sejarah.

Petenis yang menjadi sorotan terakhir terkait pengunduran dirinya ialah wakil tuan rumah, Jack Sock. Petenis berusia 22 tahun itu terpaksa meninggalkan lapangan pertandingan sebelum laga tuntas dimainkan.

Penyebabnya? Kram sampai akhirnya pingsan di lapangan.

Padahal sebelum insiden itu terjadi, Sock, yang diplot sebagai unggulan ke-28, tengah mengungguli petenis Belgia, Ruben Bemelmans, 6-4, 6-4, 3-6, 1-2. Sontak, petugas medis memberi perawatan pertama berupa kompres es dan handuk dingin sebelum akhirnya Sock ditandu keluar lapangan.

Sejam pasca insiden Sock di Lapangan Grandstand, Flushing Meadows, New York, AS, giliran petenis Uzbekistan, Denis Istomin, yang mengangkat bendera putih. Menjumpai unggulan ke-20 dari Austria, Dominic Thiem, di Lapangan 7, Istomin menyerah pada kedudukan 4-6, 4-6, 0-1.

"Mungkin beberapa pemain datang ke sini dalam keadaan lelah. Apapun itu, saya pikir Anda harus menganalisisnya kasus per kasus. Tapi, tetap, menurut saya semua pemain seharusnya fit, sehingga suhu panas pun bukan kendala," kata Federer.

Menempati unggulan kedua, laju Federer di Flushing Meadows masih mulus dan belum kehilangan satu set pun. Di babak pertama, Federer menang 6-1, 6-2, 6-2 atas petenis Argentina, Leonardo Mayer. Lalu di babak kedua, dia melibas wakil Belgia, Steve Darcis, 6-1, 6-2, 6-1.

Selanjutnya, Roger Federer akan menghadapi petenis Jerman yang menjadi unggulan ke-29, Philipp Kohlschreiber.

Baca juga:

Williams Sisters Selangkah Dekati Perang Saudara di AS Terbuka

AS Terbuka: Efek Serena, Harga Tiket Final Putri Lampaui Putra

Hari Ke-4 AS Terbuka 2015, Dua Unggulan Putri Terdepak

 

Video Populer

Foto Populer