Sukses


Menangkan Prancis, Parker Jadi Top Skorer Sepanjang Masa

Bola.com, Montpellier - Sejarah baru diukir pebasket Prancis, Tony Parker, pada Kejuaraan FIBA Eropa 2015. Seiring dengan keberhasilannya membawa Prancis mengalahkan Polandia, 69-66, pada laga lanjutan penyisihan Grup A yang berlangsung di Montpellier, Selasa (7/9/2015) malam waktu setempat, Parker resmi menjadi top skorer sepanjang masa di kejuaraan itu.

Sebelum turun ke lapangan, Parker cuma tertinggal 1 poin dari legenda basket Eropa asal Yunani, Nikolaos Galis, yang tercatat mencetak 1.030 poin selama membela timnas Yunani. Di akhir laga, pebasket yang berperan sebagai point guard itu mengemas 16 poin.

Tambahan 16 angka tersebut sontak mengantar Parker ke puncak top skorer. Kini, pebasket berusia 33 tahun itu membukukan 1.045 poin.

Tony Parker saat membela Prancis melawan Polandia di laga lanjutan penyisihan Grup A Kejuaraan FIBA Eropa 2015.(AFP Photo/Sylvain Thomas)

"Saat memulai karier, saya tidak pernah menyangka hal seperti ini terjadi," ucap Parker, dilansir situs resmi FIBA Eropa 2015.

"Karier, rencana, saya tidak pernah membayangkannya. Semuanya terjadi seperti mimpi. Saat Anda membicarakan soal pencetak angka tertinggi sepanjang sejarah, memenangi kejuaraan basket di Eropa, dan semua rekor individual, ini merupakan kehormatan bisa menjadi bahan perbincangan sejarah pemain terbaik Eropa," sambung pebasket klub NBA, San Antonio Spurs itu.

Selain menjelma top skorer FIBA Eropa, Parker juga sukses mengamankan posisi Prancis di puncak klasemen Grup A. Sampai laga ketiga, Tim Ayam Jantan menjadi satu-satunya tim di Grup A yang belum terjamah kekalahan.

Sementara pesaing terdekat mereka, Israel, secara mengejutkan tumbang di tangan Bosnia-Herzegovina, 84-86. Alhasil, Israel menempati peringkat kedua dengan raupan 5 poin. 1 angka lebih sedikit dari Prancis.

Berikut hasil lengkap pertandingan penyisihan grup Kejuaraan FIBA Eropa 2015:

Grup A
Finlandia 81 - 79 Rusia
Bosnia-Herzegovina 86 - 84 Israel
Prancis 69 - 66 Polandia

Grup D
Belgia 76 - 74 Lithuania
Latvia 72 - 65 Republik Ceko
Estonia 78 - 70 Ukraina

Baca juga:

FIBA Eropa 2015: Bangkit, Spanyol Libas Turki 104-77

FIBA Eropa 2015: Belanda Tandai Debut Come Back dengan Kemenangan

Luis Scola Antar Argentina Lolos Kualifikasi Olimpiade 2016

Video Populer

Foto Populer