Sukses


Tour de Singkarak 2015: Etape 1 Terpaksa Dibatalkan

Bola.com, Padang - Etape 1 Tour de Singkarak 2015 yang memulai start dari Painan, Kabupaten Pesisir Selatan dan finis di Pariaman, Sabtu (3/10/2015), dibatalkan oleh Chief Commissaire. Langkah ini terpaksa diambil setelah terjadi miskomunikasi di lintasan lomba yang seharusnya menempuh jarak 163 km tersebut.

Miskomunikasi terjadi di antaranya karena mobil-mobil pendukung tim tidak mengetahui lintasan netral yang ditempuh rombongan pebalap sebelum melakukan start. Selepas seremonial start di Pantai Carocok, rombongan pebalap memang seharusnya mengikuti city tour di lintasan netral sebelum melakukan start sebenarnya di Titik Nol Kilometer Painan. Saat city tour inilah mobil-mobil pendukung tim malah berangkat langsung ke arah Padang.

Akibatnya, rombongan pebalap tidak mendapat dukungan dari mobil pendukung yang terlanjur melaju kencang. Mobil tak terkejar karena jaraknya terlalu jauh. Pebalap sangat dirugikan karena butuh suplai makanan dan minuman sepanjang balapan.

Etape 1 ini mengalami dua kali restart, dimulai dari Titik Nol Kilometer Painan selepas city tour dan di sekitar km. 37 tepatnya di daerah Barung-Barung Belantai. Setelah itu Chief Commissaire memutuskan lomba dibatalkan dan hanya melakukan touring menuju Pariaman. Namun, untuk menghargai etape yang sudah dipersiapkan, Chief Commissaire dan Race Director memutuskan untuk menggelar lomba seremoni berupa perebutan nomor sprint di 10 km terakhir menuju finis.

“Kejadian seperti ini biasa terjadi dalam perlombaan,  tidak masalah bagi saya. Kalau tidak berhenti seperti ini, saya juga belum tentu bisa menyapa masyarakat yang menyambut dengan ramah serta berfoto dengan mereka,” ujar Thomas Rabou, pebalap dari Attaque Team Gusto Taiwan, saat jeda sebelum restart yang kedua.

“Ini kesalahan semuanya. Kurangnya koordinasi serta rambu-rambu penunjuk jalan yang kurang menunjukkan kurang matangnya persiapan. Etape 1 ini memang pantas untuk dibatalkan. Harusnya ada evaluasi menyeluruh sebelum start Etape 2 besok,” jelas Henri Setiawan, pelatih Tim Nasional Indonesia BSP.

Dalam adu sprint 10 km menuju finis, Mehdi Sohrabi dari Tabriz Petrochemical Team Iran berhasil tampil sebagai pengumpul poin terbanyak diikuti Abdul Gani dari KFC, dan Mohd Nor Umardi Rosdi dari Terengganu Cycling Team.

10 Besar sprint Etape 1 Tour de Singkarak, Sabtu (3/10/2015)

1. Mehdi Sohrabi  - Tabriz Petrochemical Team

2. Abdul Gani - Kentucky Fried Chicken

3. Mohd Nor Umardi Rosdi - Terengganu Cycling Team

4. Karim Khorrami - Tabriz Petrochemical Team

5. Vincent Chin Yong Ang - Singha Infinite Cycling Team

6. Nandra Eko Wahyudi - Banyuwangi Racing Cycling Team

7. Dani Lesmana - Pegasus Continental Cycling Team

8. Dominic Perez - Team 7 Eleven Roadbike Filipina

9. Alexander Duerager - Arbo Denzel Cliff Austria

10. Ryoma Nonaka - Kinan Cycling Team Jepang

Baca Juga: 

Tour de Singkarak 2015: Ancaman Kabut Asap Tak Pengaruhi Pebalap

Tour de Singkarak 2015: Atlet dari 36 Negara Bakal Lahap 1.341 Km

Video Populer

Foto Populer