Sukses


Menghitung Peluang Rossi Jadi Juara Dunia di MotoGP Valencia

Bola.com, Jakarta - Ambisi pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, untuk jadi juara dunia terancam gagal terwujud, setelah mendapatkan hukuman tiga poin penalti di MotoGP Malaysia, Minggu (25/10/2015). Namun, menurut hitung-hitungan di atas kertas peluang The Doctor belum sepenuhnya tertutup. Ada sejumlah skenario yang bisa mengantar Rossi meraih titel juara dunia ke-10 sepanjang kariernya. 

Hukuman itu didapat Rossi setelah dengan sengaja melakukan manuver berbahaya sehingga membuat pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, terjatuh di lap ketujuh. Valentino Rossi pun harus mengawali balapan pamungkas, MotoGP Valencia, 8 November, dari posisi paling buncit.

Hal ini jelas memberatkan upaya pebalap Italia berusia 36 tahun tersebut menjaga keunggulan atas rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Saat ini juara dunia tujuh kali kelas MotoGP tersebut menduduki puncak klasemen dengan koleksi 321 poin. Rossi unggul tujuh angka atas Lorenzo. Jika ingin merengkuh gelar juara dunia kedelapan di ajang MotoGP, Rossi hanya boleh kalah berselisih enam poin dengan Lorenzo di Valencia.

Untuk jadi juara MotoGP 2015, Rossi tentu harus berada di depan Lorenzo saat finis. Namun, kemungkinan skenario tersebut sulit terealisasi karena pebalap yang sempat dijuluki Rossifumi itu akan mengawali balapan dari posisi paling belakang.

Lantas bagaimana agar Rossi bisa mengamankan gelar juara dunia jika gagal mendapatkan poin di Valencia? Berdasarkan hitungan matematika, dia harus berharap pebalap asal Spanyol itu gagal finis atau setidaknya finis di posisi ke-10 agar poinnya tak disalip atau disamai.

Rossi juga masih bisa merebut titel juara dunia meski Lorenzo finis di posisi pertama atau kedua. Dengan catatan, Rossi hanya boleh kalah satu peringkat dari juara MotoGP 2010 dan 2012 tersebut. Jika Lorenzo finis di urutan ketiga, Rossi harus berada minimal di posisi keenam dan seterusnya. Adapun jika Lorenzo melintasi garis finis di urutan keempat, The Doctor minimal harus finis di urutan ke-9.

Tim Yamaha telah berusaha mengajukan banding atas hukuman Rossi, namun telah ditolak Race Director. Jadi, kini Rossi tak punya pilihan selain tampil habis-habisan di Valencia. 

“Sanksi itu hampir pasti. Untuk mengawali balapan dari posisi paling belakang di Valencia sama saja tak punya kesempatan apa pun untuk jadi juara dunia,” kata Rossi, seperti dilansir Eurosport.

“Arah kejuaraan ini sudah berubah. Saya memberikan semuanya untuk memenangi gelar ini. Kalah di satu trek adalah sesuatu hal, namun cara ini lebih melukai saya," imbuh Valentino Rossi.

Skenario Rossi Jadi Juara Dunia 

Urutan finis 

Lorenzo 1 -- Rossi 2

Lorenzo 2 -- Rossi 3

Lorenzo 3 -- Rossi 6

Lorenzo 4 -- Rossi 9

Lorenzo 5 -- Rossi 11

Lorenzo 6 -- Rossi 12 

Lorenzo 7 -- Rossi 13

Lorenzo 8 -- Rossi 14

Lorenzo 9 -- Rossi 15 

Lorenzo 10 -- Rossi 16 atau 

Sistem pembagian poin di ajang MotoGP

(Peringkat—Poin)

1 – 25 poin
2 – 20 poin
3 – 16 poin
4 – 13 poin
5 – 11 poin
6 – 10 poin
7 – 9 poin
8 – 8 poin
9 – 7 poin
10 – 6 poin
11 – 5 poin
12 – 4 poin
13 – 3 poin
14 – 2 poin
15 – 1 poin

Posisi ke-15 ke bawah tak mendapatkan poin

Video Populer

Foto Populer