Sukses


Raih 4 Emas Kejuaraan Dunia Karate Ibarat Mimpi Bagi Indonesia

Bola.com, Tangerang - Tim Indonesia menutup Kejuaraan Dunia Karate Junior, Cadet dan U-21 2015, di posisi keempat. Skuat Merah Putih berhasil menggondol empat medali emas pada ajang yang berlangsung di Indonesia Covention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten, 12-15 November 2015.

Empat medali emas Indonesia dipersembahkan Ahmad Zigi Zaresta (Kata Junior perorangan), Faqih Karomi (Kumite Cadet -70 kg), Ceyco Georgia Zefanya (Kumite Junior 59+ kg), dan Muhammad Fahmi Sanusi (Kumite Junior -76 kg).

Pelatih kepala tim Indonesia, Mursalim Badoo, mengatakan ada beberapa faktor yang membuat timnya bisa sukses di kejuaraan dunia karate tahun ini. Selain persiapan cukup, faktor semangat dan kebersamaan juga ikut berperan besar dalam prestasi Indonesia.

"Atlet yang tampil di hari pertama hingga terakhir peningkatannya luar biasa karena persiapannya juga cukup. Mental anak-anak juga siap untuk bertanding," kata Mursalim kepada wartawan, Minggu (15/11/2015).

"Jumlah atlet yang diturunkan juga full team. Kalau tampil di negara lain paling yang turun dua orang saja. Jadi semangat kebersamaan untuk mendukung teman yang bermain selalu ada. Sekarang terlihat, tanpa dukungan wasit, Indonesia bisa berprestasi karena itu, faktor semangat dan kebersamaan," tambahnya.

Pencapaian Indonesia tahun ini memang luar biasa. Pada kejuaraan dunia sebelumnya, tim Merah Putih tak mendapatkan medali sama sekali.

Selain itu, hasil ini juga melampaui target dari Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia. Mursalim kemudian berharap, pencapaian tim Indonesia bisa lebih baik lagi ke depannya.

"Dari pengurus menargetkan hanya satu perunggu. Namun, malah dapat empat emas ini kan luar biasa dan sebuah sejarah. Kami ini merasa seperti bermimpi," tutur pelatih asal Sulawesi Selatan tersebut.

"Ke depannya, kami berharap bisa lebih baik dari segala sisi, seperti pembiayaan dan pembinaan. Jangan sampai ini awal bagus, tapi hanya jalan di tempat. Supaya di kejuaraan dunia dua tahun mendatang bisa cetak prestasi yang lebih lagi," harap Mursalim.

Video Populer

Foto Populer