Sukses


Christian Hadinata: Pencarian Bibit Pemain Putri Jadi Tantangan

Bola.com, Jakarta - Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata, mengaku prihatin dengan minimnya bibit pemain putri yang tersedia saat ini. Dia tak menutupi fakta lebih banyak generasi pemain putra ketimbang putri.

Menurut Christian, saat ini Indonesia sebenarnya membutuhkan bibit pemain putri yang potensial. Hal ini tak lepas dari kurang baiknya prestasi atlet putri Tanah Air.

"Saya secara pribadi sedikit prihatin karena bibit atlet putri jauh lebih sedikit. Padahal seperti kita tahu prestasi atlet putri masih kurang baik," ujar Christian dalam konferensi pers Djarum Coaching Clinic di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2016).

"Ini tantangan buat pelatih di daerah untuk bisa memotivasi pemain putri agar jumlahnya lebih banyak. Tentunya jika lebih sedikit akan sulit mengharapkan akan ada pemain seperti Susi Susanti, Sarwendah atau Maria Kristin," tambahnya.

Christian mengatakan, minimnya minat pemain putri tak lepas dari prestasi yang diciptakan atlet putri nasional. "Pasti ada korelasi antara prestasi dengan minat. Animo tunggal putra tinggi karena pemain ingin seperti Liem Swie King, Hastomo Arbi dan tunggal putra lainnya," kata mantan pemain ganda campuran Indonesia tersebut.

"Dulu kita masih mapan di putri. Anak-anak ingin menjadi pemain seperti Susi Susanti atau Mia Audina. Namun seiring mereka pensiun terjadi gap di nomor tunggal putri. Sekarang susah mencari regenerasi," imbuh Christian Hadinata.

Video Populer

Foto Populer